RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Sekolah : SMP..........................
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester :
VII ( tujuh)/Semester 1 )
Alokasi waktu : 4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
A.
Standar Kompetensi :
1. Memahami
prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan
peralatan.
B. Kompetensi Dasar :
1.2.
Mendiskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama :
Peserta
didik dapat :
1. menjelaskan pengertian suhu
2. menggunakan termometer untuk mengukur suhu benda
Pertemuan Kedua :
1. melakukan percobaan untuk membuat termometer sederhana
2. membaca skala pada termometer Celcius
3. membadingkan skala pada termometer Celcius dan termometer
Fahrenheit
D. Materi Pembelajaran:
Suhu dan Pengukuran
E.
Model/Metode Pembelajaran:
a. Model : - Direc Instruction (DI)
-
Kooperatif Learning (CL)
b. Metode : -
Diskusi kelompok
- Eksperimen
F. Skenario/Langkah- langkah Kegiatan :
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan pendahuluan
a. Motivasi dan apresepsi
·
Pada siang hari yang panas kamu merasakan
kepanasan. Dapatkah kamu mengukur
derajat kepanasan tersebut?
·
Alat apakah yang dipakai bila suhu tubuhmu
terasa panas?
b. Pengetahuan prasyarat
§ Apakah satuan suhu menurut SI?
§ Termasuk besaran apakah suhu itu?
c. Pra Eksperimen
·
Berhati-hatilah menggunakan peralatan yang terbuat dari kaca
·
Juga hati-hati menggunakan api
2. Kegiatan Inti
a. Secara berkelompok peserta didik mendiskusikan pengertian suhu, kemudian membuat kesimpulan
sementara dan anggota masing-masing kelompok mengkomunikasikan.
b. Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi
yang benar
c. Guru membimbing siswa melakukan demonstrasi dengan mencelupkan
tangan ke dalam tiga buah ember yang masing-masing berisi air dingin, air biasa
dan air hangat secara bergantian.
d. Setiap kelompok diberikan sebuah termometer suhu badan, setiap
kelompok mendiskusikan bagaimana cara menggunakan termometer yang benar
e. Peserta sederhana dengan menggunakan alat-alat yang telah
disediakan (termometer tak bersekala, gelas piala, kaki tiga + kassa, air, es
batu, kompor spirtus)didik dalam kelompok melakukan eksperimen cara membuat
termometer
f.
Peserta didik mengamati dan menuliskan
datanya ke dalam LKS
g. Selama eksperimen berlangsung guru memfasilitasi peserta didik
untuk bertanya jika menemui kesulian dan guru menjawabnya.
h. Guru melakukan konfirmasi tentang :
·
Pengertian suhu
Suhu
merupakan besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda
·
Hasil demonstrasi mencelupkan kedua tangan
ke dalam dua buah ember yang berisi air panas dan air dingin ( air es )
Ketika
kedua belah tangan yang berasal dari air panas dan air dingin, sama-sama dicelupkan
ke dalam air biasa kedua belah tangan merasakan air biasa berbeda, yaitu
telapak tangan yang berasal dari air panas terasa hangat, sedangkan telapak
tangan yang berasal dari air es telapak tangan terasa dingin.
·
Cara menggunakan termometer yang benar
·
Cara membuat termoter sederhana
3. Kegiatan Penutup
Guru bersama peserta didik :
a. melakukan diskusi kelas dari hasil eksperimen kelompok
b. membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar antara lain :
1)
Suhu merupakan besaran
yang menyatakan derajat panas suatu benda
2)
Tangan tidak bisa
digunakan sebagai sebagai alat pengukur suhu. Alasan :
§ Jangkauan tangan sangat terbatas, tangan
tidak tahan menyentuh benda yang sangat panas atau sangat dingin
§ Tangan mengalami kekeliruan dalam menilai
suhu. Misalnya setelah tangan kanan dicelupkan ke dalam air hangat dan tangan
kiri ke dalam air dingin, kemudian kedua belah tangan tersebut dimasukkan ke
dalam air biasa tangan kanan merasa lebih sejuk dan tangan kiri merasa lebih
hangat.
§ Tangan juga tidak bisa menentukan derajat
panas suatu benda.
3). Untuk mengukur suhu diperlukan alat yaitu
termometer.
4). Cara membuat skala termometer :
·
Menentukan titik tetap tetap bawah, yaitu
dengan memasukkan pentolan termometer ke dalam wadah yang berisi es, perhatikan
raksa dalam termometer jika tidak turun lagi, pada termometer beri tanda
goresan tepat dengan permukaan raksa dan diberi angka 0.
·
Menentukan titik tetap tetap atas, yaitu
dengan memasukkan pentolan termometer ke dalam wadah yang berisi air yang
dipanaskan sampai mendidih, perhatikan raksa dalam termometer jika tidak naik
lagi, pada termometer beri tanda goresan tepat dengan permukaan raksa dan
diberi angka 100.
·
Jarak antara titik tetap bawah dengan
titik tetap atas dibagi menjadi 100 bagian, setiap bagian sama dengan 1⁰ C.
·
Skala dapat diperluas, bagian bawah dibagi
10 bagian dengan tanda minus dan bagian atas ditambah sampai 10 bagian.
c. memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang baru
saja dipelajari.
d. memberikan tugas rumah berupa pertanyaan, misalnya mencari
macam-macam termometer yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
e. Guru menginformasikan materi pada pertemuan yang akan datang
adalah “ membandingkan skala berbagai termometer “.
Pertemuan kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi dan Apresepsi
Secara
klasikal guru memberi pertanyaan, apakah satuan suhu dalam SI?
b. Pengetahuan prasyarat
Guru
menunjukkan sebuah termometer, peserta didik diminta untuk membaca skala.
2. Kegiatan Inti
a. Melalui diskusi kelas, guru memberikan informsi cara membaca
skala pada termometer yang benar.
b. Melalui diskusi kelompok, peserta didik diberi tugas
membandingkan skala pada termometer
Celcius dengan termometer Fahrenheit serta Celcius dengan Kalvin
c. Guru memberikan informasi cara menentukan skala termometer
Celcius dan Fahrenheit dengan perbandingan C : F = 5 : 9, serta -273⁰ C = nol K
d. Guru memberikan contoh latihan cara menghitung skala termometer
Celcius dan Fahrenheit.
e. Selama diskusi berlangsung guru memfasilitasi peserta didik untuk
bertanya jika menemui kesulian dan guru menjawabnya.
f.
Guru mengkomfirmasikan tentang
·
Perbandingan skala termometer Celcius,
Fahrenheit, Kelvin
·
Cara menyelesaikan masalah jika skala
salah satu termometer ke dalam skala termometer lain.
3. Kegiatan Penutup
1)
Guru bersama peserta didik berdiskusi
untuk membuat kesimpulan :
Perbandingan skala termometer Celcius
dengan skala termometer lainnya :
·
Termometer Kelvin
Suhu terendah termometer Kelvin adalah
-273⁰ C dan diberi
angka 0 K atau 0⁰ C = 273 K yang disebut juga nol mutlak.
Hal ini dapat
dijelaskan :
Partikel-partikel
suatu zat yang senantiasa bergerak. Pada suhu -273⁰ C gerak partikel-partikel berhenti, sehingga suhu -273⁰ C merupakan suhu terendah yang masih mungkin dimiliki oleh suatu benda.
Suhu air mendidih
diberi angka 373 K, maka 100⁰ C = 373 K, dapat dirumuskan :
t ⁰ C = ( t + 273 ) K
t K
= ( t - 273 ) ⁰ C
·
Termometer Fahrenheit
Titik tetap bawah
termometer Fahrenheit : titik leur es diberi angka 32, supaya dimulai dengan
angka 0, maka ditambah – 32 ditulis F-32.
Titik tetap atas
termometer Fahrenheit : air sedang mendidih diberi angka 212, antara titik
tetap bawah dan titik tetap atas dibagi 180, sehingga dirumuskan :
( F-32) : C = 180 :
100
( F-32) : C = 9 : 5
2)
Guru memberikan latihan soal-soal tentang
termometer
3)
Guru memberikan tugas rumah berupa latihan
soal.
4)
Guru menginformasikan materi pada pertemuan
berikutnya adalah “ Ulangan Harian Tentang
Suhu “
G.
Sumber Belajar
a. Buku Buku IPA SMP Kelas VII semeste ganjil
b. LKS
c. Buku Referensi
d. Alat-alat dan bahan praktikum
§ Termometer tak berskala
§ Termometer suhu badan
§ Tiga buah ember, masing berisi air dingin, air hangat dan air biasa
H. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapain
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
Menggunakan termometer untuk mengukur
suhu zat
Membuat
termometer sederhana, berskala berdasarkan sifat perubahan volume
Membandingkan skala termometer Celcsius dengan
termometer yang lain
|
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Uraian
Isian
Uji petik kerja produk
PG
PG
Uraian
|
Mengapa tangan tidak dapat digunakan
untuk mengukur suhu suatu benda ?
Alat yang digunakan untuk mengukur suhu suatu zat adalah ....
Lakukan kegiatan untuk membuat
termometer sederhana dengan menggunakan alat-alat sebagai berikut.
o
termometer
tak berskala
o
kaki
tiga + kassa
o
gelas
piala
o
lampu
spirtus
o
air, es batu
Apabila suatu zat memiliki suhu 317 K, maka jika diukur
dengan termometer Celcius akan menunjukkan angka ....
a. 25 0
C
b. 45 0
C
c. 800 C
d. 1000
C
Apabila termometer Celcius menunjuk
angka 250 maka termometer Fahrenheit menunjukkan angka ....
a. 410 F
b. 450 F
c. 45,30 F
d. 77 0F
Mengapa
sebagai titik tetap bawah ( 0 K
), termometer Kelvin ditetapkan -273⁰ C ?
|
Cara penskoran :
·
Instrumen uraian
Mengapa
tangan tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu suatu benda secara tepat ?
Kunci :
Karena :
§
Jangkauan tangan sangat terbatas, tangan
tidak tahan menyentuh benda yang sangat panas atau sangat dingin
§ Tangan mengalami kekeliruan dalam menilai
suhu. Misalnya setelah tangan kanan dicelupkan ke dalam air hangat dan tangan
kiri ke dalam air dingin, kemudian kedua belah tangan tersebut dimasukkan ke
dalam air biasa tangan kanan merasa lebih sejuk dan tangan kiri merasa lebih
hangat.
§ Tangan juga tidak bisa menentukan derajat
panas suatu benda.
Skor
= 3
·
Instrumen tes isian :
Alat yang digunakan untuk mengukur suhu suatu
zat adalah ....
Kunci : Termometer
Skor
= 1
·
Contoh
tes PG:
Apabila suatu
zat memiliki suhu 317 K, maka jika diukur dengan termometer Celcius akan
menunjukkan angka ....
a. 25 0C
b. 45 0C
c. 800C
d. 1000C
Kunci : B
Skor = 1
Apabila
termometer Celcius menunjuk angka 25 derajat maka termometer Fahrenheit
menunjukkan angka ....
a. 41 0F
b. 45 0F
c. 45,3 0F
d. 77 0F
Kunci : D
Skor = 1
Mengapa
sebagai titik tetap bawah ( 0 K ),
termometer Kelvin ditetapkan -273⁰ C ?
Kunci : Karena merupakan suhu terendah yang masih
dimiliki benda
Skor = 2
·
Uji petik kerja prosedur dan produk:
Lakukan
kegiatan untuk membuat termometer sederhana dengan menggu-nakan alat-alat
sebagai berikut.
o
termometer tak bersekala
o
kaki tiga + kassa
o
gelas piala
o
lampu spirtus
o air, es batu
Rubrik :
No.
|
Aspek
|
Skor
|
1.
|
Merangkai alat dengan benar
|
2
|
2.
|
Melakukan
kegiatan dengan prosedur yang benar
|
4
|
3.
|
Memperoleh
data dari percobaan
|
2
|
4.
|
Membuat
kesimpulan dengan benar
|
2
|
|
Jumlah skor
|
10
|
.............., .......................
Mengetahui,
Kepala SMP ....
Guru Mata pelajaran
.................................. .....................................
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar