RENCANA
PELAKSANAANPEMBELAJARAN
( RPP)
Sekolah : SMP
................................
Mata Pelajaran: :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : VII( tujuh ) / 2 (dua)
Alokasi waktu : 6 jam pelajaran
( 3 x pertemuan )
A. Standar
Kompetensi :
6. Memahami keanekaragaman maklhuk hidup.
B. Kompetensi Dasar :
6.3.
Mendiskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari
tingkat sel sampai organisme.
C. Tujuan
pembelajaran :
Pertemuan pertana
:
Peserta didik dapat
1.
Membandingkan bagian-bagian sel hewan dan sel tumbuhan
2.
Menyebutkan fungsi
fungsi bagian sel.
3.
Mendiskripsikan keragaman, sel
4.
Menyebutkan contoh
contoh sel pada hewan dan tumbuhan
Pertemua kedua :
Peserta didik dapat
1. Menjelaskan pengertian jaringan
2. Membedakan beberapa jaringan berdsarkan fungsinya.
3 menyebutkan
contoh contoh bentuk jaringan pada tumbuhan mau pun hewan berdasarkan sel
penyusunnya
Pertemuan ketiga
:
Peserta didik dapat
1. Membedakan
berbagai sistem organ pada tumbuhan dan hewan
2. Menyebutkan
contoh berbagai sistem organ pada tumbuhan dan hewan .
3 Menjelaskan
hubungan sistem organ satu dan sistem
oran lain pada satu organisme.
D. Materi
Pembelajaran :
pertemuan pertam : Bagian –bagian sel
pertemuan kedua : Jaringan
pertemuan ke tiga :
Organ dan Sistem
organ
E. Model
/Metode pembelajaran :
Model : -
Direc Instruction ( DI)
-
Kooperatif Learning ( CL )
Metode : -
Eksperimen
-
Diskusi kelompok
-
Tanya jawab
Pertemuan 1.
1. Kegiatan
Pendahuluan
a. Motivasi
·
Pernahkah kamu
berfikir bahawa tubuh kita tersusun dari berbagai bahan ? Apa
saja bahan penyusun tubuh kita
b Pengetahuan Prasyarat
:
·
Pernahakah kamu melihat orang yang sedang
memasang batu bata pada saat sedang
membangun rumah ? Selain batu bata rumah juga ter susun dari kayu , kaca dll. .
·
Berdasarkan tersebut tubuh kita juga
tersususn dari berbagai bahan.Apakah nama bagian terkecil dari tubuh kita
c. Prasyarat
eksperimen
Hati hati menggunakan mikroskop
2. Kegiatan inti.
a. Secara
berkelompok peserta didik melakukan eksperimen mengamati sel tumbuhan dan sel hewan dengan
menggunakan mikroskop dengan bimbingan
guru.
b. Menggambar
hasil pengamatan pada Lembar Kerja.
c. Diskusi
kelas membandingkan bagian- bagian sel tumbuhan dan hewan berdsarkan hasil
pengamatan
d. Menyimpulkan hasil pengamatan sel tumbuhan
dan hewan .
e. Diskusi informasi fungsi bagian bagian sel
f.
Mempresentasikan
perbedaan bentuk sel pada tumbuhan, hewan
3. Kegitan
Penutup:
a. Membuat
rangkuman.
1)
Tubuh makhluk hidup
terdiri dari sel
2)
Bagian – bagian sel
antara lain :
·
membran plasma
berfungsi mengatur keluar masuknya zat
·
protoplasma berfungsi
mengatur kegiatan sel. Protoplasma yang
terdapat dalam inti sel disebut nukleoplasma, yang berada dilura inti sel
disebut sitoplasma.
·
inti sel (nukleus )
berfungsi sebabgai pusat pengatur kegiatan sel.
3) Perbedaan
sel hewan dan sel tumbuhan:
·
Pada tumbuhan membran sel
dilindungi oleh dinding sel yang kuat dan tebal maka bentuk sel tumbuhan
tetap. sedangkan hewan tidak dilindungi oleh dinding sel maka bentuknya tak
tetap
·
Pada tumbuhan
terdapat klorofil ,hewan tidak
·
Pada tumbuhan vakuola
tampak jelas ,sedangkan pada hewan tidak.
4) Contoh
sel pada tumbuhan : sel epidermis
Contoh sel hewan : sel darah ,sel
epitel pipi
b. Merapikan
dan menyimpan alat-alat/mikroskop pada tempat
semula
Pertemuan kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
Ada berapa macam sel yang kamu ketahui? Samakah bentuk semua sel tersebut ! Dapatkah sel yang satu
berkumpul dengan sel yang lain ? Kelompok sel yang bentuk dan fungsi sama
disebut jaringan .
b. Prasyarat
pengetahuan :
Pernahkah kamu melihat jaringan ?Bila belum
Ayo amati preparat potongan
melintang daun yang disediakan.
2. Kegiatan
inti
a. Secara
berkelompok peserta didik melakukan eksperimen
mengamati preparat awetan potongan melintang daun.dengan mikroskop
dengan bimbingan guru.
b. Diskusi kelompok megisi hasil pengamatan
padaLembar Kerja
c. Menyimpulkan hasil pengamatan jaringan
pada daun berdasarkan fungsinya.
d. Diskusi kelas membedakan fungsi
jaringan melalui carta atau tayangan
macam- macam jaringan pada tumbuhan , hewan berdasarkan sel sel
penyusunnya dipandu oleh guru.
e. Menpresentasikan hasil diskusi kelompok
f.
Tanya jawab
tentang fungsi fungsi jaringan pada hewan
g. Menyimpulkan hasil diskusi tentang
perbedaan jaringan berdasarkan fungsinya, dibimbing oleh guru
3. Kegiatan
Penutup.
a. Diskusi
kelas membuat rangkuman sebagai berikut ;
1)
Jaringan adalah
kelompok sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama
2)
Jaringan pada daun
meliputi: epidermis atas , palisade , bunga karang , dan epidermis bawah.
Jaringan epidermis sebagai berfungsi pelindung.
jaringan
palisade dan bunga karang banyak mengandung klorofil berfungsi sebagai tempat
berlangsungnya potosintesis.
3)
Jaringan lain pada tumbuhan adalah jaringan pengangkut ( terdiri dari
pembuluh kayu dan pembuluh tapis )
Jaringan pada hewan , misalnya jaringa
otot, jaringan saraf, jaringan darah.
4)
Fungsi jaringan pada hewan :
Jaringan otot merupakan penggerak
aktif
Jaringan saraf untuk mengantar rangsang
Jaringa darah untuk transportasi.
b. Guru
memberikan tugas kepada peserta didik untuk mencari informasi tentang hubungan
sel , jaringan ,organ dan sistem organ untuk bahan diskusi pada pertemuan
minggu yang akan datang.
Pertemuan ke tiga.
1. Kegiatan
Pendahuluan.
a.
Motivasi dan Apersepsi, Apa yang dimaksud Organ ?
Beberapa jaringan berkelompok menjadi satu
akan membentuk organ .
b.
Prasarat Pengetahuan
Macam macam organ pada manusia ,misalnya jantung , mata , paru- paru .
2. Kegiatan
inti
a.
Diskusi informasi macam –macam organ pada tumbuh
tumbuhan .dan hewan /manusia
b.
Diskusi informasi
tentang pengertian sistem organ dan contoh-contohnya pada hewan ( manusia ) dan
tumbuhan
c.
Diskusi membedakan
perbedaan organ organ penyusun berbagai sistem organ pada manusia dengan
melihat torso
d.
Diskusi informasi
tentang pengertian organisme melalui skema.
e.
Diskusi informasi
membahas hubungan antar sistem organ satu dan lain dalam organisme
f.
Menyimpulkan
hasil diskusi tentang hubungan antar sistem organ pada manusia, dibimbing oleh
guru
3. Kegiatan
Penutup.
a. Diskusi
kelas membuat rangkuman ,antara lain
1) Organ pada tumbuhan adalah akar , batang
dan daun.
2) Macam organ pada hewan /manusia adalah :
jantung ,mata , paru-paru , usus.
3) Pengertian dari sistem organ adalah
kumpulan beberapaa organ yang bekerja sama untuk melakukan fungsi tertentu pada
tubuh makhluk hidup.
4) Penyusun sistem organ satu dan lain
berbeda beda , contohnya . Sistem pencernaan terdiri dari : mulut ,
kerongkongan, lambung , usus halus , hati , pankreas dan usus besar. Sistem
peredaran darah terdiri dari jantung , pembuluh nadi dan pembuluh balik.
5) Sistem organ satu dan lain bergabung
membentuk organisme
6) Sisitem organ satu saling mempengaruhi kerja sistem organ lain
,misalnya , bila ginjal terganggu dapat mengganggu atau mempengaruhi sirkulasi
darah.
7) Urutan sistem dalam organisme dari tingkat
rendah sampai tingkat paling tinggi adalah :
sel – jaringan – organ – sistem organ
- organisme.
b. Guru
mengingatkan pada peserta didik bahwa minggu yang datang ulangan tentang
organisasi kehidupan
G. Sumber Belajar
a.
Buku Buku IPA kelas
VII
b.
Lembar Kerja
c.
Buku Referensi
d. Alat
–alat dan bahan praktikum
·
mikroskop
·
gelas obyek dan gelas
penutup
·
pipet , gelas piala
·
carta / OHP/ L.C.D
dan laptop( komputer )
·
Torso manusia
·
preparat awetan
H. Penilaian
:
Indikator pencapaian
|
Penilaian
|
|||||||||||||||||
Teknik
|
Bentuk instrumen
|
Instrumen
|
||||||||||||||||
1. Mendeskripsikan keragaman tingkat sel berdsarkan hasil
pengamatan menggunakan mikroskop
|
Tes unjuk kerja
|
1.
Amati preparat awetan sel tumbuhan dan sel hewan ini !
Pertanyaan :Jelaskan dan isi tabel perbedaan sel sel
tersebut !
2. Amati preparat awetan daun yang telah
disediakan
Pertanyaan :
a.
Bagaimana keragaman bentuk sel penyusun daun tersebut ?
Jelaskan !
b.
Berapa macam sel penususn daun yang tampak pada preparat daun tersebut!
c.
Gambarlah.
|
||||||||||||||||
2. Mendiskripsikan
keragaman tingkat jaringan menurut sel sel penyusunnya
3.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
3.
a. Apa yang dimaksud jaringan ?
b. Jelaskan karakteriris dari sel penyusun
jaringan palisade.
c. Bagaiman ciri khas dari jaringan epidermis daun?
|
|||||||||||||||
3.
Mendiskripsikan keragaman tingkat organ dan sistem organ berdasarkan
hasil pengmatan.
|
Tes praktek
|
Uji petik kerja
|
4. Amati 2 macam tum buhan ini (misalnya tum buhan kembang
sepatu ) dan tumbuhan bunga kamboja !
Pertanyaan :
a. Sebutkan organ –organ penyusunya.
b. Samakah bentuk organ penyusun 2 tumbuhan
tersebut ?
c. Buatlah kesimpulan keragaman organ 2
tumbuhan tersebut!
5. Amati torso manusia ini.
Pertanyaan :
a. Sebutkan organ penysun sistem pencernaan ,
sesuai dengan nomor-nomor tersebut !
b. Nomor berapa yang disebut jantung , paru
-paru.dari torso tsb !
|
|||||||||||||||
4. Mengkaitkan hubungan antara sel
,jaringan,organ dan sistem organ
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
6. Jelaskan hubungan sel dan jaringan?
7. Jelaskan pula hubungan organ dan sistem
organ.
8. Bagimana hubungan sistem organ satu dan
sistem organ lain pada tubuh manusia.
9. Buatlah simpulan tentang sistem dalam
organisme mulai dari tingkatan yang paling rendah sampai paling tinggi.
|
Cara penskoran :
Instrumen Uraian :
jawaba no.1 :
Yang Dibedakan
|
Sel Tumbuhan
|
Sel Hewan
|
a. klorofil
|
|
|
b. bentuk
|
|
|
c. membran plasma
|
|
|
d. vakuola
|
|
|
tiap jawaban benar sesuai dengan sel yang
diamati skor 1
jumlah skor no. 1 = 8
jawaban no. 2
a. berbagai macam
bentuk dan ukuran sel yang berbeda beda(skor 1 )
b. 5 macam ( skor 1 )
c.
bila gambar sesuai dengan
preparat (skor = 4 )
jumlah skor no 2. = 6
jawaban no. 3
a. Jaringan
adalah sekelompok sel yang mempunyai bentuk dan fungsinya sama ( skor 2 )
![](file:///C:/DOCUME~1/JOECOM~1/LOCALS~1/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image002.gif)
sel penyusunnya
bentuknya seperti pagar atau seperti gambar ini
dan banyak mengandung klorofil (skor 2 )
![](file:///C:/DOCUME~1/JOECOM~1/LOCALS~1/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image003.gif)
jumlah skor no 3 = 6
jawaban no. 4
a. organ
penyusun 2 tanaman tersebut adalah : akar , batang dan daun.
b. tidak sama
c. tiap
tiap tumbuhan mempunyai bentuk organ khas.atau
bentuk organ dari t umbuhan satu dan lain berbeda- beda
jumlah skor no 4 = 3
jawaban no. 5
a. bila
jawab benar dan sesuai dengan nomor pada torso ( skor 5 )
b. bila
jawaban benar dan sesuai dengan nomor
(skor 2 )
jumlah skor no 5 = 7
jawaban no. 6 : Sel merupakan penyusun jaringan
( skor 1 )
jawaban no. 7 : Organ merupakan bagian yang menyusun
sistem organ ( 1 ) Apabila salah satu organ terjadi kerusakan
maka sistem organ akan terganggu.( 1 )
jumlah skor no 7 = 3
jawaban no. 8 : Hubungan sistem organ satu dan lain saling berkaitan
sehingga membentuk satu organisme yang
disebut manusia ( skor 2)
jawaban no. 9 : sel – jaringan – organ – sistem organ - organisme
skor no 9 = 4.
Jumlah skor maksimal = 40
Nilai = skor yang diperoleh X 100
skor maks
Jakarta, 2008.
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri ... Guru
Mata Pelajara IPA
...................................... ...........................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar