RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP ......................................
Mata Pelajaran :
IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester :
VII (tujuh)/ 1 (satu)
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Standar
Kompetensi :
2. Memahami
klasifikasi zat
B. Kompetensi Dasar :
2.1. Mengelompokkan sifat larutan asam,
larutan basa dan larutan garam melalui
alat dan indikator yang tepat
C. Tujuan
Pembelajaran :
Pertemuan
pertama
Peserta didik
dapat :
1.
membedakan pengertian asam, basa dan garam
secara kimia
2.
menentukan ciri-ciri zat yang bersifat
asam, basa dan garam
3.
mengelompokkan zat-zat yang bersifat asam,
basa dan garam
Pertemuan
kedua
1.
menggunakan alat penentu/ petunjuk untuk
menentukan jenis zat yang termasuk asam dan basa
2.
menyimpulkan hasil percobaan dan
mempresentasikan
D. Materi
Pembelajaran:
Asam, Basa dan garam
E. Model/Metode
Pembelajaran
Model pembelajaran :
·
Kooperatif Learning (CL)
·
Direct Instruction (DI)
Metode
:
·
Pengamatan
·
Diskusi Informasi
F. Langkah – langkah kegiatan :
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
“Pernahkan kamu
makan jeruk yang rasanya asam? Atau pernahkah kamu merasakan licinnya sabun?”
Jika kamu menjawab
“pernah“ berarti kamu pernah berhubungan dengan asam dan basa. Bagaimana cara membedakan antara sifat
asam dan basa ?
b.
Pengetahuan
prasyarat :
Pernah
merasakan jeruk asam (jeruk nipis), sabun, garam dapur
c.
Prasyarat eksperimen
·
Hati-hati cara mencampurkan dua larutan
yang berbeda
·
Hati-hati cara menuangkan larutan asam
sulfat
a.
Secara kelompok mendiskusikan
pengertian asam, basa dan garam serta menentukan ciri-cirinya, peserta didik dalam
kelompok.
b.
Disediakan bahan-bahan larutan asam,
larutan basa dan larutan garam, peserta didik mengamati dan mengelompokkannya
c.
Secara kelompok menyelidiki sifat asam,
basa dan garam (membuktikan bahwa asam bersifat : elektrolit, bersifat korosif,
asam bereaksi dengan basa membentuk garam dan air)
d.
Mendiskusikan
dan mengkomunikasikan secara kelompok
e.
Selama diskusi berlangsung guru
memfasilitasi peserta didik untuk bertanya jika menemui kesulian dan guru
menjawabnya.
f.
Guru mengkomfirmasikan tentang
·
Ciri-ciri asam, basa dan garam
·
Istilah-istilah : . elektrolit, korosif
3. KegiatanPenutup
a.
Guru dan peserta didik membuat rangkuman/
kesimpulan :
1) Sifat larutan dapat dikelompokkan menjadi
tiga, yaitu : asam, basa dan garam
2)
Ciri-ciri asam :
·
Dalam larutan akan terjadi reaksi ionisasi
yang melepaskan ion H+
·
Korosif, yaitu dapat merusak logam
·
Membuat warna merah pada kertas lakmus
·
Biasanya mempunyai rumus molekul yang
diawali dengan H ( hidrogen )
3) Ciri-ciri
basa :
·
Dalam larutan akan terjadi reaksi ionisasi
yang melepaskan ion OH
·
Relatif tidak korosif terhadap logam
·
Membuat warna biru pada kertas lakmus
·
Biasanya mempunyai rumus molekul yang
diakhiri dengan OH dan dibaca hidroksida.
3) Ciri-ciri garam :
·
biasanya terjadi reaksi antara asam dan
basa
·
bersifat asam jika terbentuk dari asam
kuat dan basa lemah
·
bersifat basa jika terbentuk dari basa
kuat dan asam lemah
·
bersifat netral jika terbentuk dari asam
kuat dan basa kuat atau dari basa lemah dan asam lemah.
5) Larutan dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu larutan
elektrolit ( dapat menghantarkan listrik ) dan non elektrolit ( tidak dapat
menghantarkan listrik ) Asam, basa, dan garam termasuk larutan elektrolit. .
6) Kimia asam-basa berperan penting dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh : kalau kita berolah raga asam laktat: akan dihasilkan sebagai hasil
samping proses di dalam tubuh. Penimbunan asam laknat dapat menyebabkan rasa
sakit pada otot
b. Guru memberikan tes secara lisan tentang asam, basa, garam
c. Guru menyampaikan materi pada pertemuan berikutnya adalah “eksperimen
cara menentukan asam dan basa suatu zat “
Pertemuan
kedua
1. Kegiaatan
Pendahuluan
a.
Motivasi
Pernahkah
kamu meremas remas bunga kembang sepatu berwarna merah? Kemudian ditetesi
dengan asam cuka! Apa yang terjadi?
b.
Pengetahuan prasyarat
·
Sebutkan ciri-ciri asam, basa dan garam?
·
Apakah sifat asam, basa, dan garam?
c. Prasyarat eksperimen
Guru
memberi informasi kepada peserta didik agar hati-hati terhadap larutan asam
sulfat, karena dapat mengiritasi kulit.
2. Kegiatan inti :
a. Melakukan eksperimen kelompok
b. Secara kelompok peserta didik melakukan eksperimen
dengan menggunakan kertas lakmus atau ph stik untuk menentukan sifat asam dan
basa dari suatu larutan
c. Secara kelompok peserta didik mendiskusikan dengan
kelompokkan untuk membuat kesimpulan dari data percobaan
d. Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
e. Selama diskusi berlangsung guru memfasilitasi peserta didik
untuk bertanya jika menemui kesulian dan guru menjawabnya.
f.
Guru mengkomfirmasikan tentang
·
Warna kertas lakmus akan berubah jika
dicelupkan ke dalam larutan asam, basa .
( kertas lakmus akan menjadi merah ketika dicelupkan ke dalam larutaan asam dan
kertas lakmus akan berubah menjadi biru ketika dicelupkan ke dalam basa )
·
Istilah-istilah : . elektrolit, korosif
3. Kegiatan
penutup
a. Guru dan peserta didik berdiskusi untuk membuat rangkuman
kegiatan :
1) Warna lakmus dalam larutan yang bersifat
asam, basa dan netral
Indikator
|
Larutan asam
|
Larutan basa
|
Larutan netral
|
Lakmus merah
|
merah
|
biru
|
merah
|
Lakmus biru
|
merah
|
biru
|
biru
|
2) Warna lakmus dalam larutan indicator dalam
larutan yang bersifat asam, basa dan netral
Indikator
|
Larutan asam
|
Larutan basa
|
Larutan netral
|
Phenoptalin
|
Tidak berwarna
|
merah
|
Tidak berwarna
|
Metil jingga
|
merah
|
kuning
|
Kuning
|
Metil merah
|
merah
|
kuning
|
Kuning
|
3)
Keasaman dan kebasaan
dari suatu larutan dapat dinyatakan dalam besaran pH. Nilai pH berkisar antara
0 hingga 14. makin kecil pH, makin besar sifat asamnya. Makin besar pH, makin
besar sifat basanya. Larutan yang bersifat netral ( tidak asam dan tidak basa )
mempunyai pH 7
4)
Untuk
mengidentifikasi keasaman suatu zat dapat digunakan indikator universal dan pH
meter.
b. Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mencari
bahan-bahan di sekitar rumah dam dikelompokkan ke dalam zat- zat yang bersifat asam, basa dan garam
c. Guru memberitahukan materi pada pertemuan berikutnya adalah “Ulangan tentang asam, basa dan garam “
G.
Sumber belajar
Buku IPA I A semester ganjil
Lingkungan sekitar sekolah atau rumah
Buku referensi
Alat dan bahan :
§ Bahan-bahan kimia ( asam sulfat,
§ Kertas lakmus ( merah dan biru )
§ Metil jingga, metil merah
§ Sabun
H. Penilaian :
Indikator
Pencapaian
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
Mengindentifikasi sifat asam, basa, garam dengan menggunakan
indikator yang sesuai
Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan
konsep asam, basa dan garam
Menggunakan alat sederhana untuk
menentukan skala keasaman dan kebasaan
|
Tes tertulis
Tes Unjuk kerja
Tes tertulis
Tes Unjuk kerja
Tes tertulis
Tes tertulis
|
PG
Tes identifikasi
Uraian
Uji petik kerja
prosedur
PG
PG
|
Jika kertas lakmus
biru dicelupkan ke suatu larutan,
berubah warna menjadi merah maka larutan tersebut bersifat ... .
a. asam c. garam
b. basa d. netral
Tentukan
bahan-bahan yang bersifat asam, basa, dan garam dari bahan-bahan yang
tersedia!
Asam laktat
terdapat dalam ....
a.
cuka
b.
keringat
c.
pupuk
d.
detergen
Jelaskan
ciri-ciri zat yang termasuk basa!
Tentukan besar
kecilnya keasaman suatu zat dengan menggunakan kertas lakmus atau pH stik!
Air kolam renang
harus selalu dikontrol pH-nya agar air kolam tetap ....
a.
asam, untuk
membunuh kuman dalam air
b.
basa, agar tidak
muncul alga pada dinding kolam
c. netral, agar tidak terjadi iritasi pada kulit perenang
d. netral, agar alga dan bakteri tetap hidup untuk menjaa ekosistem
Air kolam yang
kita gunakan untuk berenang sebaiknya memiliki pH meter sebesar ....
a.
1
b.
4
c.
7
d. 14
|
Cara penskoran :
·
Contoh soal PG
Jika
kertas lakmus biru dicelupkan ke suatu larutan,
berubah warna menjadi merah maka larutan tersebut bersifat ... .
a. asam
c. garam
b. basa d. Netral
Kunci : A
Skor : 1
·
Contoh soal PG
Asam laktat terdapat dalam ....
a. cuka
b. keringat
c. pupuk
d. detergen
Kunci : B
Skor : 1
·
Contoh
tes identifikasi
Tentukan
bahan-bahan yang bersifat asam, basa dan garam dari bahan-bahan yang tersedia ( larutan cuka, larutan sabun, larutan garam, larutan gula,
NaCl,HCl)
Kunci:
Asam : larutan cuka, H Cl
Basa : larutan sabun
Garam : larutan
garam, NaCl
Skor : 3
·
Tes Uraian :
Ciri-ciri basa adalah
....
Kunci :
a. Mengandung OH
b. Rasanya
pahit
c. Bila
kena kulit licin
Skor
: 3
·
Contoh soal PG
Air kolam renang harus selalu dikontrol pH-nya agar air
kolam tetap ....
a. asam, untuk membunuh kuman dalam air
b. basa, agar tidak muncul alga pada dinding kolam
c. netral, agar tidak terjadi iritasi pada kulit perenang
d. netral, agar alga dan bakteri tetap hidup untuk menjaa
ekosistem
Kunci : C.
Skor : 1
Air kolam yang
kita gunakan untuk berenang sebaiknya memiliki pH meter sebesar ....
- 1
- 4
- 7
d. 14
Kunci : C.
Skor : 1
·
Contoh Uji petik kerja prosedur
Lakukan
kegiatan untuk menentukan tingkat keasaman suatu larutan dengan menggunakan pH
stik!
Rubrik
No.
|
Aspek
|
Skor
|
1.
|
Ketepatan menggunakan pH stik dengan
benar
|
2
|
2.
|
Melakukan kegiatan dengan prosedur yg
benar
|
2
|
3.
|
Memperoleh data dari kegiatan
|
2
|
4.
|
Membuat kesimpulan
|
2
|
|
Jumlah skor
|
8
|
.................,..........................
Mengetahui,
Guru mata pelajaran,
Kepala SMP......
...........................................
........................................
NIP.
NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar