Senin, 14 Mei 2012

RENCANA PELAKSANAANPEMBELAJARAN IPA KELAS VII( tujuh ) / 2 (dua) KD: Memahami keanekaragaman maklhuk hidup.


RENCANA PELAKSANAANPEMBELAJARAN
( RPP)
Sekolah                                    :  SMP  ................................
Mata Pelajaran:                        :  Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester                        :  VII( tujuh ) / 2 (dua)
Alokasi waktu                          :  6 jam pelajaran ( 3  x pertemuan )

A.   Standar Kompetensi
6.    Memahami keanekaragaman maklhuk hidup.

B.   Kompetensi Dasar     :
6.3.  Mendiskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme.                        
                            
C.   Tujuan pembelajaran :
Pertemuan pertana   :

Peserta didik dapat

1.         Membandingkan  bagian-bagian sel hewan dan sel tumbuhan
2.         Menyebutkan fungsi fungsi bagian sel.
3.         Mendiskripsikan  keragaman, sel
4.         Menyebutkan contoh contoh sel pada hewan dan tumbuhan

Pertemua kedua  :

Peserta didik dapat

1.   Menjelaskan pengertian jaringan
2.   Membedakan beberapa jaringan  berdsarkan fungsinya.
3    menyebutkan contoh contoh bentuk jaringan pada tumbuhan mau pun hewan berdasarkan sel penyusunnya

Pertemuan ketiga   :

Peserta didik dapat

1.   Membedakan berbagai sistem organ pada tumbuhan dan hewan   
2.   Menyebutkan contoh berbagai sistem organ pada tumbuhan dan hewan .
3    Menjelaskan hubungan  sistem organ satu dan sistem oran lain pada satu  organisme.                         
   
D.   Materi Pembelajaran : 
pertemuan pertam  : Bagian –bagian sel
pertemuan kedua  : Jaringan
pertemuan ke tiga  : Organ dan Sistem organ                                                   

E.   Model /Metode pembelajaran :
Model         :  -    Direc Instruction ( DI)
                           -    Kooperatif Learning ( CL )
Metode       :  -    Eksperimen
-          Diskusi kelompok
-          Tanya jawab

F.   Skenario/ Langkah – langkah kegiatan  
Pertemuan 1.
1.   Kegiatan Pendahuluan

a.   Motivasi     
·         Pernahkah kamu berfikir bahawa tubuh kita tersusun dari berbagai bahan ? Apa saja bahan penyusun tubuh kita           
b    Pengetahuan Prasyarat :
·         Pernahakah kamu melihat orang yang sedang memasang batu bata    pada saat sedang membangun rumah ? Selain batu bata rumah juga ter  susun dari kayu , kaca  dll. .
·         Berdasarkan tersebut tubuh kita juga tersususn dari berbagai bahan.Apakah nama bagian terkecil dari tubuh kita
c.   Prasyarat eksperimen
Hati hati menggunakan mikroskop
  
2.   Kegiatan  inti.
a.   Secara berkelompok peserta didik melakukan eksperimen    mengamati sel tumbuhan dan sel hewan dengan menggunakan   mikroskop dengan bimbingan guru.
b.   Menggambar hasil pengamatan pada Lembar Kerja.
c.   Diskusi kelas membandingkan bagian- bagian sel tumbuhan dan hewan berdsarkan hasil pengamatan
d.       Menyimpulkan hasil pengamatan sel tumbuhan dan hewan .
e.       Diskusi informasi fungsi bagian bagian sel
f.        Mempresentasikan perbedaan bentuk sel pada tumbuhan, hewan

3.   Kegitan Penutup:
a.   Membuat rangkuman.
1)       Tubuh makhluk hidup terdiri dari sel
2)       Bagian – bagian sel antara lain :
·         membran plasma berfungsi mengatur keluar masuknya zat
·         protoplasma berfungsi mengatur  kegiatan sel. Protoplasma yang terdapat dalam inti sel disebut nukleoplasma, yang berada dilura inti sel disebut sitoplasma.
·         inti sel (nukleus ) berfungsi sebabgai pusat pengatur kegiatan sel.
3)   Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan:
·         Pada tumbuhan  membran sel  dilindungi oleh dinding sel yang kuat dan tebal maka bentuk sel tumbuhan tetap. sedangkan hewan tidak dilindungi oleh dinding sel maka bentuknya tak tetap
·         Pada tumbuhan terdapat klorofil ,hewan tidak
·         Pada tumbuhan vakuola tampak jelas ,sedangkan pada hewan tidak.
4)   Contoh sel pada tumbuhan : sel epidermis
Contoh sel hewan : sel darah ,sel epitel pipi


b.   Merapikan dan menyimpan alat-alat/mikroskop pada tempat   semula

Pertemuan kedua

1. Kegiatan Pendahuluan
a.   Motivasi
Ada berapa macam sel yang kamu ketahui? Samakah bentuk semua  sel tersebut ! Dapatkah sel yang satu berkumpul dengan sel yang lain ? Kelompok sel yang bentuk dan fungsi sama disebut jaringan .
           
b.   Prasyarat pengetahuan :
Pernahkah kamu melihat jaringan ?Bila belum  Ayo amati preparat   potongan melintang daun yang disediakan.
           
2.   Kegiatan inti
a.   Secara berkelompok peserta didik melakukan eksperimen   mengamati preparat awetan potongan melintang daun.dengan mikroskop dengan bimbingan guru.
b.       Diskusi kelompok megisi hasil pengamatan padaLembar Kerja
c.       Menyimpulkan hasil pengamatan jaringan pada daun berdasarkan fungsinya.
d.       Diskusi kelas membedakan fungsi jaringan melalui carta atau tayangan  macam- macam jaringan pada tumbuhan , hewan berdasarkan sel sel penyusunnya dipandu oleh guru.
e.       Menpresentasikan hasil diskusi kelompok
f.        Tanya jawab tentang fungsi fungsi jaringan pada hewan
g.       Menyimpulkan hasil diskusi tentang perbedaan jaringan berdasarkan fungsinya, dibimbing oleh guru

3.   Kegiatan Penutup.
a.   Diskusi kelas membuat rangkuman sebagai berikut ;
1)       Jaringan adalah kelompok sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama
2)       Jaringan pada daun meliputi: epidermis atas , palisade , bunga karang , dan epidermis bawah.
Jaringan epidermis sebagai berfungsi pelindung.
jaringan palisade dan bunga karang banyak mengandung klorofil berfungsi sebagai tempat berlangsungnya potosintesis.
3)   Jaringan lain pada tumbuhan adalah jaringan pengangkut (  terdiri dari   pembuluh kayu dan pembuluh tapis )
Jaringan pada hewan , misalnya jaringa otot, jaringan saraf, jaringan darah.
4)   Fungsi jaringan pada hewan :
Jaringan otot  merupakan penggerak aktif
Jaringan saraf untuk mengantar rangsang
Jaringa darah untuk transportasi.
b.   Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mencari informasi tentang hubungan sel , jaringan ,organ dan sistem organ untuk bahan diskusi pada pertemuan minggu yang akan datang.

Pertemuan ke tiga.
1.   Kegiatan Pendahuluan.
a.   Motivasi dan Apersepsi, Apa yang dimaksud Organ ?
       Beberapa jaringan berkelompok menjadi satu akan membentuk organ .
b.   Prasarat Pengetahuan      
       Macam macam organ pada manusia ,misalnya jantung , mata , paru- paru .
2.   Kegiatan inti 
a.       Diskusi  informasi macam –macam organ pada tumbuh tumbuhan .dan hewan /manusia
b.       Diskusi informasi tentang pengertian sistem organ dan contoh-contohnya pada hewan ( manusia ) dan tumbuhan
c.       Diskusi membedakan perbedaan organ organ penyusun berbagai sistem organ pada manusia dengan melihat torso
d.       Diskusi informasi tentang pengertian organisme melalui skema.
e.       Diskusi informasi membahas hubungan antar sistem organ satu dan lain dalam organisme
f.        Menyimpulkan hasil diskusi tentang hubungan antar sistem organ pada manusia, dibimbing oleh guru

3.   Kegiatan Penutup.
a.   Diskusi kelas membuat rangkuman ,antara lain
1)       Organ pada tumbuhan adalah akar , batang dan daun.
2)       Macam organ pada hewan /manusia adalah : jantung ,mata , paru-paru , usus.
3)       Pengertian dari sistem organ adalah kumpulan beberapaa organ yang bekerja sama untuk melakukan fungsi tertentu pada tubuh makhluk hidup.
4)       Penyusun sistem organ satu dan lain berbeda beda , contohnya . Sistem pencernaan terdiri dari : mulut , kerongkongan, lambung , usus halus , hati , pankreas dan usus besar. Sistem peredaran darah terdiri dari jantung , pembuluh nadi dan pembuluh balik.
5)       Sistem organ satu dan lain bergabung membentuk organisme
6)       Sisitem organ satu  saling mempengaruhi kerja sistem organ lain ,misalnya , bila ginjal terganggu dapat mengganggu atau mempengaruhi sirkulasi darah.
7)       Urutan sistem dalam organisme dari tingkat rendah sampai tingkat paling tinggi adalah :
sel – jaringan – organ – sistem organ  - organisme.
b.   Guru mengingatkan pada peserta didik bahwa minggu yang datang ulangan tentang organisasi kehidupan

G. Sumber Belajar
a.       Buku Buku IPA kelas VII
b.       Lembar Kerja
c.       Buku Referensi
d.   Alat –alat  dan bahan praktikum
·         mikroskop
·         gelas obyek dan gelas penutup
·         pipet , gelas piala
·         carta / OHP/ L.C.D dan laptop( komputer )
·         Torso manusia
·         preparat awetan







H.   Penilaian         :


Indikator pencapaian
Penilaian
Teknik
Bentuk instrumen

Instrumen
1. Mendeskripsikan   keragaman tingkat sel berdsarkan hasil pengamatan menggunakan mikroskop
Tes unjuk kerja
Uji petik kerja
1.    Amati preparat awetan sel tumbuhan dan sel hewan ini !
Pertanyaan :Jelaskan dan isi tabel perbedaan sel sel tersebut !
Yang dibedakan
Sel
tumbuhan
Sel
hewan
a.   klorofil


b.   bentuknya


c.   membran plasma


d.   vakuola



2.  Amati preparat awetan daun yang telah disediakan
Pertanyaan :
a.       Bagaimana keragaman bentuk sel penyusun daun tersebut ? Jelaskan !
b.       Berapa macam sel penususn daun yang tampak  pada preparat daun tersebut!
c.        Gambarlah.
2. Mendiskripsikan keragaman tingkat jaringan menurut sel sel penyusunnya
3.       

Tes tertulis
Uraian
3.
a.  Apa yang dimaksud jaringan ?
b.  Jelaskan karakteriris dari sel penyusun jaringan palisade.
c.  Bagaiman ciri khas dari jaringan  epidermis daun?
3.  Mendiskripsikan keragaman tingkat organ dan sistem organ berdasarkan hasil pengmatan.
Tes praktek
Uji petik kerja
4.  Amati 2 macam tum buhan ini (misalnya tum buhan kembang sepatu ) dan tumbuhan bunga kamboja !
Pertanyaan :
a.  Sebutkan organ –organ penyusunya.
b.  Samakah bentuk organ penyusun 2 tumbuhan tersebut ?
c.  Buatlah kesimpulan keragaman organ 2 tumbuhan tersebut!
5.  Amati torso manusia ini.
Pertanyaan :
a.  Sebutkan organ penysun sistem pencernaan , sesuai dengan nomor-nomor tersebut !
b.  Nomor berapa yang disebut jantung , paru -paru.dari torso tsb !





4.  Mengkaitkan hubungan antara sel ,jaringan,organ dan sistem organ
Tes tertulis
Tes uraian
6.  Jelaskan hubungan sel dan jaringan?
7.  Jelaskan pula hubungan organ dan sistem organ.
8.  Bagimana hubungan sistem organ satu dan sistem organ lain pada tubuh manusia.
9.  Buatlah simpulan tentang sistem dalam organisme mulai dari tingkatan yang paling rendah sampai paling tinggi.

Cara penskoran            :
Instrumen Uraian         :
jawaba no.1      :

Yang Dibedakan
Sel Tumbuhan
Sel Hewan
a. klorofil


b. bentuk


c. membran plasma


d. vakuola



          tiap jawaban benar sesuai dengan sel yang diamati skor 1
            jumlah skor no. 1 = 8

            jawaban no. 2
a. berbagai macam bentuk dan ukuran sel yang berbeda beda(skor 1 )
            b. 5 macam ( skor 1 )
            c.  bila gambar  sesuai dengan preparat (skor =  4 )
            jumlah skor no 2. =  6

            jawaban no. 3
a.   Jaringan adalah sekelompok sel yang mempunyai bentuk dan fungsinya sama   ( skor 2 )
b.   karakteritis sel penyususn palisade :
sel penyusunnya bentuknya seperti pagar atau seperti gambar ini              dan banyak mengandung klorofil (skor 2 )
c.   jaringan epidermis rapat dan bentuknya seprti gambar ini
jumlah skor no 3  =  6

            jawaban no. 4
a.   organ penyusun 2 tanaman tersebut adalah : akar , batang dan daun.
b.   tidak sama                                                                     
c.   tiap tiap tumbuhan mempunyai bentuk organ khas.atau
      bentuk organ dari t umbuhan satu dan lain  berbeda- beda
jumlah skor no 4  = 3

            jawaban no. 5
a.   bila jawab benar dan sesuai dengan nomor pada torso ( skor 5 )
b.   bila jawaban benar dan sesuai dengan nomor  (skor 2 )
jumlah skor no 5 = 7
jawaban no. 6 : Sel merupakan penyusun jaringan   ( skor 1 )

jawaban no. 7  : Organ merupakan bagian yang menyusun sistem  organ ( 1 )  Apabila salah satu organ terjadi kerusakan maka sistem organ akan terganggu.( 1 )
jumlah skor no 7 = 3

jawaban no. 8 : Hubungan sistem organ satu dan lain saling berkaitan sehingga  membentuk satu organisme yang disebut manusia ( skor 2)

jawaban no. 9 : sel – jaringan – organ – sistem organ - organisme
            skor no 9 = 4.
           
            Jumlah skor maksimal  =   40
            Nilai = skor yang diperoleh   X  100
                                skor maks




                                                                                    Jakarta,                     2008.
            Mengetahui,
            Kepala SMP Negeri ...                                       Guru Mata Pelajara IPA





            ......................................                                                          ...........................................

NIP.                                                                 NIP. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar