Senin, 14 Mei 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA KELAS VII (tujuh)/ 1 (satu) : KD 2 Memahami klasifikasi zat


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                              : SMP ......................................
Mata Pelajaran                   : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester                : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Alokasi Waktu                    : 4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )

A.  Standar Kompetensi :                                                                         
2. Memahami klasifikasi zat

B. Kompetensi Dasar :
     2.1. Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa dan larutan garam  melalui alat dan indikator yang tepat

C. Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan pertama
Peserta didik dapat :
1.       membedakan pengertian asam, basa dan garam secara kimia
2.       menentukan ciri-ciri zat yang bersifat asam, basa dan garam
3.       mengelompokkan zat-zat yang bersifat asam, basa dan garam

Pertemuan kedua
1.       menggunakan alat penentu/ petunjuk untuk menentukan jenis zat yang termasuk asam dan basa
2.       menyimpulkan hasil percobaan dan mempresentasikan

D. Materi Pembelajaran:
  Asam, Basa dan garam

E. Model/Metode Pembelajaran
Model pembelajaran :
·         Kooperatif Learning (CL)
·         Direct Instruction (DI)
Metode  :
·         Pengamatan
·         Diskusi Informasi

F.  Langkah – langkah kegiatan  :
     Pertemuan pertama
1.  Kegiatan Pendahuluan
a.       Motivasi
      “Pernahkan kamu makan jeruk yang rasanya asam? Atau pernahkah kamu merasakan licinnya sabun?”
      Jika kamu menjawab “pernah“ berarti kamu pernah berhubungan dengan asam dan basa. Bagaimana cara membedakan antara sifat asam dan basa ?
b.       Pengetahuan prasyarat  : 
      Pernah merasakan jeruk asam (jeruk nipis), sabun, garam dapur 
c.       Prasyarat eksperimen

·         Hati-hati cara mencampurkan dua larutan yang berbeda
·         Hati-hati cara menuangkan larutan asam sulfat
    
2.   Kegiatan inti :
         
a.             Secara kelompok mendiskusikan pengertian asam, basa dan garam serta menentukan ciri-cirinya, peserta didik dalam kelompok.
b.             Disediakan bahan-bahan larutan asam, larutan basa dan larutan garam, peserta didik mengamati dan mengelompokkannya
c.             Secara kelompok menyelidiki sifat asam, basa dan garam (membuktikan bahwa asam bersifat : elektrolit, bersifat korosif, asam bereaksi dengan basa membentuk garam dan air) 
d.              Mendiskusikan dan  mengkomunikasikan secara kelompok
e.             Selama diskusi berlangsung guru memfasilitasi peserta didik untuk bertanya jika menemui kesulian dan guru menjawabnya.
f.              Guru mengkomfirmasikan tentang
·               Ciri-ciri asam, basa dan garam
·               Istilah-istilah : . elektrolit,  korosif

3.   KegiatanPenutup
a.       Guru dan peserta didik membuat rangkuman/ kesimpulan :
             1)   Sifat larutan dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu : asam, basa dan garam
2)                   Ciri-ciri asam :
·         Dalam larutan akan terjadi reaksi ionisasi yang melepaskan ion H+
·         Korosif, yaitu dapat merusak logam
·         Membuat warna merah pada kertas lakmus
·         Biasanya mempunyai rumus molekul yang diawali dengan H ( hidrogen )
3)   Ciri-ciri basa :
·         Dalam larutan akan terjadi reaksi ionisasi yang melepaskan ion OH
·         Relatif tidak korosif terhadap logam
·         Membuat warna biru pada kertas lakmus
·         Biasanya mempunyai rumus molekul yang diakhiri dengan OH dan dibaca hidroksida.
3)       Ciri-ciri garam :
·         biasanya terjadi reaksi antara asam dan basa
·         bersifat asam jika terbentuk dari asam kuat dan basa lemah
·         bersifat basa jika terbentuk dari basa kuat dan asam lemah
·         bersifat netral jika terbentuk dari asam kuat dan basa kuat atau dari basa lemah dan asam lemah.
5)       Larutan dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu larutan elektrolit ( dapat menghantarkan listrik ) dan non elektrolit ( tidak dapat menghantarkan listrik ) Asam, basa, dan garam termasuk larutan elektrolit.  .
6)       Kimia asam-basa berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Contoh : kalau kita berolah raga asam laktat: akan dihasilkan sebagai hasil samping proses di dalam tubuh. Penimbunan asam laknat dapat menyebabkan rasa sakit pada otot

b.       Guru memberikan tes secara lisan tentang asam, basa, garam
c.       Guru menyampaikan materi pada pertemuan berikutnya adalah “eksperimen cara menentukan asam dan basa suatu zat “
Pertemuan kedua
      1.   Kegiaatan Pendahuluan
a.       Motivasi
      Pernahkah kamu meremas remas bunga kembang sepatu berwarna merah? Kemudian ditetesi dengan asam cuka! Apa yang terjadi?

b.       Pengetahuan prasyarat
·         Sebutkan ciri-ciri asam, basa dan garam?
·         Apakah sifat asam,  basa, dan garam?

c.       Prasyarat eksperimen
      Guru memberi informasi kepada peserta didik agar hati-hati terhadap larutan asam sulfat, karena dapat mengiritasi kulit.

 2.  Kegiatan inti :
a.       Melakukan eksperimen kelompok
b.       Secara kelompok peserta didik melakukan eksperimen dengan menggunakan kertas lakmus atau ph stik untuk menentukan sifat asam dan basa dari suatu larutan
c.       Secara kelompok peserta didik mendiskusikan dengan kelompokkan untuk membuat kesimpulan dari data percobaan
d.       Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
e.       Selama diskusi berlangsung guru memfasilitasi peserta didik untuk bertanya jika menemui kesulian dan guru menjawabnya.
f.     Guru mengkomfirmasikan tentang
·         Warna kertas lakmus akan berubah jika dicelupkan ke dalam larutan  asam, basa . ( kertas lakmus akan menjadi merah ketika dicelupkan ke dalam larutaan asam dan kertas lakmus akan berubah menjadi biru ketika dicelupkan ke dalam basa )
·               Istilah-istilah : . elektrolit,  korosif

  3Kegiatan penutup
a.       Guru dan peserta didik berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan :
1)   Warna lakmus dalam larutan yang bersifat asam, basa dan netral

Indikator
Larutan asam
Larutan basa
Larutan netral
Lakmus merah
merah
biru
merah
Lakmus biru
merah
biru
biru
 2)  Warna lakmus dalam larutan indicator dalam larutan yang bersifat asam, basa dan netral

Indikator
Larutan asam
Larutan basa
Larutan netral
Phenoptalin
Tidak berwarna
merah
Tidak berwarna
Metil jingga
merah
kuning
Kuning
Metil merah
merah
kuning
Kuning

3)       Keasaman dan kebasaan dari suatu larutan dapat dinyatakan dalam besaran pH. Nilai pH berkisar antara 0 hingga 14. makin kecil pH, makin besar sifat asamnya. Makin besar pH, makin besar sifat basanya. Larutan yang bersifat netral ( tidak asam dan tidak basa ) mempunyai pH 7
4)       Untuk mengidentifikasi keasaman suatu zat dapat digunakan indikator universal dan pH meter.
b.       Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mencari bahan-bahan di sekitar rumah dam dikelompokkan ke dalam  zat- zat yang bersifat asam,  basa dan garam
c.       Guru memberitahukan materi pada pertemuan berikutnya adalah        “Ulangan tentang asam, basa dan garam “

G. Sumber belajar
Buku IPA I A semester ganjil
Lingkungan sekitar sekolah atau rumah
Buku referensi
Alat dan bahan :
§  Bahan-bahan kimia ( asam sulfat,
§  Kertas lakmus ( merah dan biru )
§  Metil jingga, metil merah
§  Sabun

 H. Penilaian : 
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen
Mengindentifikasi sifat asam, basa, garam dengan menggunakan indikator yang sesuai


Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa dan garam





Menggunakan alat sederhana untuk menentukan skala keasaman dan kebasaan
Tes tertulis






Tes Unjuk kerja



Tes tertulis






Tes Unjuk kerja


Tes tertulis
















Tes tertulis

PG






Tes identifikasi



Uraian






Uji petik kerja prosedur

PG
















PG
Jika kertas lakmus biru dicelupkan ke suatu larutan,  berubah warna menjadi merah maka larutan tersebut bersifat ... .
a. asam    c. garam
b. basa     d. netral

Tentukan bahan-bahan yang bersifat asam, basa, dan garam dari bahan-bahan yang tersedia!

Asam laktat terdapat dalam ....
a.      cuka
b.      keringat
c.      pupuk
d.      detergen

Jelaskan ciri-ciri zat yang termasuk basa!


Tentukan besar kecilnya keasaman suatu zat dengan menggunakan kertas lakmus atau pH stik!

Air kolam renang harus selalu dikontrol pH-nya agar air kolam tetap ....
a.      asam, untuk membunuh kuman dalam air

b.      basa, agar tidak muncul alga pada dinding kolam
c.    netral, agar tidak terjadi iritasi pada kulit perenang
d.    netral, agar alga dan bakteri tetap hidup untuk menjaa ekosistem

Air kolam yang kita gunakan untuk berenang sebaiknya memiliki pH meter sebesar ....
a.      1
b.      4
c.      7
d.    14

Cara penskoran :
·         Contoh soal PG
Jika kertas lakmus biru dicelupkan ke suatu larutan,  berubah warna menjadi merah maka larutan tersebut bersifat ... .
a.  asam    c. garam
b.  basa     d. Netral
Kunci : A
Skor  : 1

·         Contoh soal PG
Asam laktat terdapat dalam ....
a.       cuka
b.       keringat
c.       pupuk
d.       detergen
Kunci : B
Skor  : 1

·         Contoh  tes identifikasi
Tentukan bahan-bahan yang bersifat asam, basa dan garam dari bahan-bahan yang tersedia     ( larutan cuka, larutan sabun, larutan garam, larutan gula, NaCl,HCl)
Kunci:
Asam  : larutan cuka, H Cl
Basa   : larutan sabun
Garam : larutan garam, NaCl
Skor    : 3

·         Tes Uraian :
 Ciri-ciri basa adalah ....
 Kunci :  a. Mengandung OH
              b. Rasanya pahit
              c. Bila kena kulit licin
 Skor  :  3



·         Contoh soal PG
Air kolam renang harus selalu dikontrol pH-nya agar air kolam tetap ....
a.       asam, untuk membunuh kuman dalam air
b.       basa, agar tidak muncul alga pada dinding kolam
c.       netral, agar tidak terjadi iritasi pada kulit perenang
d.       netral, agar alga dan bakteri tetap hidup untuk menjaa ekosistem
Kunci :  C.
Skor  : 1

Air kolam yang kita gunakan untuk berenang sebaiknya memiliki pH meter sebesar ....
  1. 1
  2. 4
  3. 7
d.       14
Kunci :  C.
Skor  : 1
·         Contoh Uji petik kerja prosedur
                     Lakukan kegiatan untuk menentukan tingkat keasaman suatu larutan dengan menggunakan pH stik!

     Rubrik

  No.
      Aspek
  Skor
     1.
Ketepatan menggunakan pH stik dengan benar
     2
     2.
Melakukan kegiatan dengan prosedur yg benar
     2
     3.
Memperoleh data dari kegiatan
     2
     4.
Membuat kesimpulan
     2


Jumlah skor
    
8
                                                                                    .................,..........................
          Mengetahui,                                                      Guru mata pelajaran,
          Kepala SMP......

   

         ...........................................                                    ........................................
         NIP.                                                                     NIP.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar