Senin, 14 Mei 2012

RPP IPA Kelas VII ( tujuh)/Semester 1 ) KD 1: Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                        :  SMP..........................
Mata Pelajaran             :  IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester          :  VII ( tujuh)/Semester 1 )

Alokasi waktu              :  4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )

A.  Standar Kompetensi           :
1.  Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan.

B.   Kompetensi Dasar :
1.2. Mendiskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya

C.  Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama :
      Peserta didik dapat :
1.       menjelaskan pengertian suhu
2.       menggunakan termometer untuk mengukur suhu  benda

      Pertemuan Kedua :
1.       melakukan percobaan untuk membuat termometer sederhana
2.       membaca skala pada termometer Celcius
3.       membadingkan skala pada termometer Celcius dan termometer Fahrenheit
    
D.  Materi Pembelajaran:
      Suhu dan Pengukuran
                                              
E.   Model/Metode Pembelajaran:
a.       Model   :   - Direc Instruction (DI)
                                  - Kooperatif Learning (CL)
b.       Metode :   - Diskusi kelompok
                                     - Eksperimen                    
                                 


F.   Skenario/Langkah- langkah Kegiatan :

Pertemuan Pertama

1.       Kegiatan pendahuluan

a.       Motivasi dan apresepsi
·         Pada siang hari yang panas kamu merasakan kepanasan. Dapatkah kamu mengukur derajat kepanasan tersebut?
·         Alat apakah yang dipakai bila suhu tubuhmu terasa panas?

b.       Pengetahuan prasyarat
§  Apakah satuan suhu menurut SI?
§  Termasuk besaran apakah suhu itu?     

c.       Pra Eksperimen
·         Berhati-hatilah menggunakan peralatan  yang terbuat dari kaca
·         Juga hati-hati menggunakan api      

2.       Kegiatan Inti
a.       Secara berkelompok peserta didik mendiskusikan  pengertian suhu, kemudian membuat kesimpulan sementara dan anggota masing-masing kelompok mengkomunikasikan.
b.       Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang benar
c.       Guru membimbing siswa melakukan demonstrasi dengan mencelupkan tangan ke dalam tiga buah ember yang masing-masing berisi air dingin, air biasa dan air hangat secara bergantian.
d.       Setiap kelompok diberikan sebuah termometer suhu badan, setiap kelompok mendiskusikan bagaimana cara menggunakan termometer yang benar
e.       Peserta sederhana dengan menggunakan alat-alat yang telah disediakan (termometer tak bersekala, gelas piala, kaki tiga + kassa, air, es batu, kompor spirtus)didik dalam kelompok melakukan eksperimen cara membuat termometer
f.        Peserta didik mengamati dan menuliskan datanya ke dalam LKS
g.       Selama eksperimen berlangsung guru memfasilitasi peserta didik untuk bertanya jika menemui kesulian dan guru menjawabnya.
h.       Guru melakukan konfirmasi tentang :
·         Pengertian suhu
   Suhu merupakan besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda
·         Hasil demonstrasi mencelupkan kedua tangan ke dalam dua buah ember yang berisi air panas dan air dingin ( air es )
      Ketika kedua belah tangan yang berasal dari air panas dan air dingin, sama-sama dicelupkan ke dalam air biasa kedua belah tangan merasakan air biasa berbeda, yaitu telapak tangan yang berasal dari air panas terasa hangat, sedangkan telapak tangan yang berasal dari air es telapak tangan terasa dingin.          
·         Cara menggunakan termometer yang benar
·         Cara membuat termoter sederhana

3.       Kegiatan Penutup
Guru bersama peserta didik :
a.       melakukan diskusi kelas dari hasil  eksperimen kelompok
b.       membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar antara lain :
1)       Suhu merupakan besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda
2)       Tangan tidak bisa digunakan sebagai sebagai alat pengukur suhu. Alasan  :
§  Jangkauan tangan sangat terbatas, tangan tidak tahan menyentuh benda yang sangat panas atau sangat dingin
§  Tangan mengalami kekeliruan dalam menilai suhu. Misalnya setelah tangan kanan dicelupkan ke dalam air hangat dan tangan kiri ke dalam air dingin, kemudian kedua belah tangan tersebut dimasukkan ke dalam air biasa tangan kanan merasa lebih sejuk dan tangan kiri merasa lebih hangat.
§  Tangan juga tidak bisa menentukan derajat panas suatu benda.
3).  Untuk mengukur suhu diperlukan alat yaitu termometer.
4).  Cara membuat skala termometer  :
·        Menentukan titik tetap tetap bawah, yaitu dengan memasukkan pentolan termometer ke dalam wadah yang berisi es, perhatikan raksa dalam termometer jika tidak turun lagi, pada termometer beri tanda goresan tepat dengan permukaan raksa dan diberi angka 0.
·        Menentukan titik tetap tetap atas, yaitu dengan memasukkan pentolan termometer ke dalam wadah yang berisi air yang dipanaskan sampai mendidih, perhatikan raksa dalam termometer jika tidak naik lagi, pada termometer beri tanda goresan tepat dengan permukaan raksa dan diberi angka 100.
·        Jarak antara titik tetap bawah dengan titik tetap atas dibagi menjadi 100 bagian, setiap bagian sama dengan 1 C.
·        Skala dapat diperluas, bagian bawah dibagi 10 bagian dengan tanda minus dan bagian atas ditambah sampai 10 bagian.

c.       memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja dipelajari.
d.       memberikan tugas rumah berupa pertanyaan, misalnya mencari macam-macam termometer yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
e.       Guru menginformasikan materi pada pertemuan yang akan datang adalah “ membandingkan skala berbagai termometer “.

Pertemuan kedua
1.       Kegiatan Pendahuluan
a.       Motivasi dan Apresepsi
      Secara klasikal guru memberi pertanyaan, apakah satuan suhu dalam  SI?
b.       Pengetahuan prasyarat
      Guru menunjukkan sebuah termometer, peserta didik diminta untuk membaca skala.

2.       Kegiatan Inti
a.       Melalui diskusi kelas, guru memberikan informsi cara membaca skala pada termometer yang benar.
b.       Melalui diskusi kelompok, peserta didik diberi tugas membandingkan skala  pada termometer Celcius dengan termometer Fahrenheit serta Celcius dengan Kalvin
c.       Guru memberikan informasi cara menentukan skala termometer Celcius dan Fahrenheit dengan perbandingan C : F = 5 : 9, serta -273 C = nol K
d.       Guru memberikan contoh latihan cara menghitung skala termometer Celcius dan Fahrenheit.
e.       Selama diskusi berlangsung guru memfasilitasi peserta didik untuk bertanya jika menemui kesulian dan guru menjawabnya.
f.        Guru mengkomfirmasikan tentang

·         Perbandingan skala termometer Celcius, Fahrenheit, Kelvin
·         Cara menyelesaikan masalah jika skala salah satu termometer ke dalam skala termometer lain.

3.       Kegiatan Penutup
1)             Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat kesimpulan :
         Perbandingan skala termometer Celcius dengan skala termometer lainnya :
·         Termometer Kelvin
Suhu terendah termometer Kelvin adalah -273 C dan diberi angka 0  K atau  0 C = 273 K yang disebut juga nol mutlak.
Hal ini dapat dijelaskan :
Partikel-partikel suatu zat yang senantiasa bergerak. Pada suhu -273 C gerak partikel-partikel berhenti, sehingga  suhu -273 C merupakan suhu terendah yang masih mungkin dimiliki oleh suatu benda.
Suhu air mendidih diberi angka 373 K, maka 100 C = 373 K, dapat dirumuskan  :
                              t C = ( t + 273 ) K
                              t K   = ( t - 273 ) C

·         Termometer Fahrenheit
Titik tetap bawah termometer Fahrenheit : titik leur es diberi angka 32, supaya dimulai dengan angka 0, maka ditambah – 32 ditulis F-32.
Titik tetap atas termometer Fahrenheit : air sedang mendidih diberi angka 212, antara titik tetap bawah dan titik tetap atas dibagi 180, sehingga dirumuskan  :
( F-32) : C = 180 : 100
( F-32) : C = 9 : 5

2)             Guru memberikan latihan soal-soal tentang termometer
3)             Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
4)             Guru menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya adalah    “ Ulangan Harian Tentang Suhu “

G. Sumber Belajar
a.       Buku Buku IPA SMP Kelas VII semeste ganjil
b.       LKS
c.       Buku Referensi
d.       Alat-alat dan bahan praktikum
§  Termometer tak berskala
§  Termometer suhu badan
§  Tiga buah ember, masing berisi air dingin, air hangat dan air biasa

H. Penilaian Hasil Belajar

Indikator Pencapain
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen
Menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat


Membuat  termometer sederhana, berskala berdasarkan sifat perubahan volume






Membandingkan skala termometer Celcsius dengan termometer yang lain

Tes tertulis





Tes unjuk kerja









Tes tertulis









Tes tertulis







Tes tertulis
Uraian


Isian


Uji petik kerja produk








PG








PG








Uraian

Mengapa tangan tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu suatu benda ?

Alat yang digunakan untuk mengukur suhu suatu  zat adalah ....

Lakukan kegiatan untuk membuat termometer sederhana dengan menggunakan alat-alat sebagai berikut.
o   termometer tak berskala
o   kaki tiga + kassa
o   gelas piala
o   lampu spirtus
o   air,  es batu



Apabila suatu zat memiliki suhu 317 K, maka jika diukur dengan termometer Celcius akan menunjukkan angka ....
a. 25 0 C
b. 45 0 C
c. 800 C
d. 1000 C

Apabila termometer Celcius menunjuk angka 250 maka termometer Fahrenheit menunjukkan angka ....
a.       410 F
b.       450 F
c.       45,30 F
d.       77 0F

Mengapa sebagai titik tetap bawah  ( 0 K ),  termometer Kelvin ditetapkan -273 C ?





asa






































Cara penskoran :

·         Instrumen uraian
      Mengapa tangan tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu suatu benda secara tepat ?
Kunci :
Karena :
§    Jangkauan tangan sangat terbatas, tangan tidak tahan menyentuh benda yang sangat panas atau sangat dingin
§    Tangan mengalami kekeliruan dalam menilai suhu. Misalnya setelah tangan kanan dicelupkan ke dalam air hangat dan tangan kiri ke dalam air dingin, kemudian kedua belah tangan tersebut dimasukkan ke dalam air biasa tangan kanan merasa lebih sejuk dan tangan kiri merasa lebih hangat.
§    Tangan juga tidak bisa menentukan derajat panas suatu benda.
Skor  = 3

·         Instrumen tes isian :
Alat yang digunakan untuk mengukur suhu suatu zat adalah ....
Kunci : Termometer
Skor  = 1

·         Contoh  tes PG:
Apabila suatu zat memiliki suhu 317 K, maka jika diukur dengan termometer Celcius akan menunjukkan angka ....


a. 25 0C
b. 45 0C
c. 800C
d. 1000C
Kunci  : B
Skor  = 1

Apabila termometer Celcius menunjuk angka 25 derajat maka termometer Fahrenheit menunjukkan angka ....
a.       41 0F
b.       45 0F
c.       45,3 0F
d.       77 0F
Kunci  : D
Skor  = 1
Mengapa sebagai titik tetap bawah ( 0 K ),  termometer Kelvin ditetapkan -273 C ?
Kunci  : Karena merupakan suhu terendah yang masih dimiliki benda
Skor  = 2

·         Uji petik kerja prosedur dan produk:
Lakukan kegiatan untuk membuat termometer sederhana dengan menggu-nakan alat-alat sebagai berikut.
o   termometer tak bersekala
o   kaki tiga + kassa
o   gelas piala
o   lampu spirtus
o air,  es batu

     Rubrik :

No.
Aspek
Skor
  1.
 Merangkai alat dengan benar
    2
  2.
Melakukan kegiatan dengan prosedur yang benar
    4
  3.
Memperoleh data dari percobaan
    2
  4.
Membuat kesimpulan dengan benar
    2
   
Jumlah skor
   10
                                                                                         .............., .......................
           Mengetahui,                                                                     
           Kepala SMP ....                                                    Guru Mata pelajaran





         ..................................                                             .....................................
           NIP.                                                                       NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar