Senin, 14 Mei 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Kelas VIII ( Delapan )/ 2 (Dua)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                              : SMP ......................................
Mata Pelajaran                   : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester                : VIII ( Delapan )/ 2 (Dua)
Alokasi Waktu                    : 6 jam pelajaran ( 3 x pertemuan )


A.  Standar Kompetensi :                                                                         
5. Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari

B. Kompetensi Dasar :
5.2. Menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa  dalam kehidupan sehari-hari

C. Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan pertama
Peserta didik dapat :
1.       menjelaskan bilamana benda dikatakan diam
2.       menjelaskan apa yang terjadi jika ada gaya yang bekerja pada benda diam
3.       menjelaskan apa yang terjadi jika tidak ada gaya yang bekerja pada benda diam yang bergerak
4.       menjelaskan pengertian gaya sama dengan nol
5.       menyebutkan akibat yang teradi jika resultan gaya sama dengan nol
6.       menjelaskan tentang Hukum kelembamam atau inersia
7.       melakukan percobaan untuk menyelidiki kelembaman benda
             
Pertemuan kedua
Peserta didik dapat :
1.       menjelaskan hubungan antara percepatan dan resultan gaya
2.       menjelaskan hubungan antara percepatan dan massa benda
3.       menyebutkan contoh sehari-hari yang dijelaskan dengan Hukum II Newton

Pertemuan ketiga
Peserta didik dapat :
1.       menjelaskan apa yang dimaksud dengan gaya aksi dan gaya reaksi
2.       menjelaskan tentang Hukum III Newton
3.       menjelaskan contoh sehari-hari berdasarkan dengan Hukum III Newton
4.       menggambarkan gaya-gaya yang berpasangan pada suatu benda yang bersentuhan sesuai dengan Hukum III Nweton.
5.       melakukan percobaan untuk menyelidiki gaya aksi dan reaksi (Hukum III     Newton)

D. Materi Pembelajaran:
Hukum-hukum Newton 

E. Model/Metode Pembelajaran
Model pembelajaran :

·         Kooperatif Learning (CL)
·         Direc Instruction (DI)
Metode  :
·         Pengamatan
·         Diskusi Informasi


F.  Langkah – langkah kegiatan  :
     Pertemuan pertama
1.  Kegiatan Pendahuluan
a.       Motivasi
·         Mengapa kamu seolah-olah terdorong ke depan, ketika bus yang kamu tumpangi tiba-tiba direm mendadak?
·         Mengapa tukang sulap bisa menarik taplak meja tanpa memecahkan gelas-gelas yang ada di atas meja tersebut?          
   
b.       Pengetahuan prasyarat  :
      Pengertian gaya

1.                                                                           Kegiatan inti :
a.       Secara berkelompok peserta didik diminta untuk melakakukan percobaan “ Menyelidiki sifat kelembaman benda“
b.       Peserta didik diminta mendiskusikan  tentang  “ Hukum I Newton  “
c.       Secara kelompok siswa diminta untuk menyimpulkan dari kegiatan di atas.
d.       Selama percobaan berlangsung guru memfasilitasi peserta didik untuk bertanya jika menemui kesulian dan guru menjawabnya.
e.       Guru mengkomfirmasikan tentang :
·         Pengertian kelembaman adalah kemalasan. Artinya semua benda cenderung malas atau tiak bergerak. Kemalasan atau kelembaman ini bergantung pada masa benda, makin besar massa makin besar tingkat kemalasannya.
·         Bunyi hukum I Newton

2.       Kegiatan Penutup
a.       Membuat rangkuman/ kesimpulan :
      Melalui diskusi, disimpulkan :
1)       Gerak selalu disebabkan karena adanya gaya ( tarikan dan dorongan ) menurut Aristoteles
Contoh : gerobak bergerak karena ditarik kuda , kapal layar bergerak karena ditiup angin
2)       Jika tidak ada gaya luar yang bekerja pada benda, maka benda akan kembali ke keadaan alamiah, yaitu diam ( Aristoteles ). Ini ditentang oleh Newton.

3)       Hukum I Newton :
      Tiap benda terus dalam keadaan diamnya atau terus dalam keadaan gerak teraturnya dengan kelajuan tetap pada garis lurus, kecuali jika benda itu dipaksa untuk mengubah keadaannya ( diam atau bergerak ) oleh gaya-gaya yang dikerjakan padanya.
      Atau :
      Jika tidak ada gaya yang bekerja, maka benda diam akan tetap diam. 

4)       Contoh Hukum I Newton : pemain ice skating yang meluncur di lapangan yang dilapisi lilin ( gaya gesek hampir nol ), pemain ice skating akan terus meluncur. Pemain skating akan berhenti setelah bertabrakan. Padahal jika menurut Aristoteles pemain ice skating itu akan berhenti sendiri meskipun tidak menabrak. ( Hukum I Newton mematahkan pendapat Aristoteles )

5)       Syarat-syarat gaya-gaya seimbang adalah resultan gaya sama dengan nol ( ƩF = 0)
      Berdasarkan resultan = nol, maka Hukum I Newton juga berlaku :
Jika resultan gaya pada suatu benda sama dengan nol maka benda yang mula-mula diam akan terus diam ( mempertahankan keadaan diam), sedangkan jika benda mula-mula bergerak akan terus bergerak dengan kecepatan tetap ( mempertahankan keadaan bergeraknya ).
·         ƩF = 0 untuk benda diam atau benda bergerak dengan kecepatan    tetap
·         ƩF = 0 berati percepatannya sama dengan nol ( benda tidak mengalami percepatan )

6)    Inersia atau kelembaman ( kemalasan ) yaitu sifat benda yang mempertahankan keadaan diam atau keadaan geraknya. Untuk itu Hukum I Newton disebut juga Hukum Kelembaman.

7)       Kamu akan merasa seperti terdorong ke depan ketika bus yang kamu tumpangi bergerak cepat, direm tiba-tiba. Hal ini dapat dijelaskan dengan hukum kelembaman, kamu yang mula-mula bergerak bersama bus akan mempertahankan keadaan gerakmu.

b.       Memberikan tes untuk mengetahui pemahaman tentang kegiatan pada    pertemuan tersebut.
c.       Guru menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya adalah:  “ Hukum II Newton “
d.       Guru memberikan PR tentang contoh sehari-hari yang berhubungan dengan hukum I Newton.

Pertemuan kedua
        1.   Kegiatan Pendahuluan
a.       Motivasi
Mengapa jika bola yang ditendang oleh remaja 17 tahun lebih keras daripada jika ditendang oleh anak yang berumur 10 tahun?
b.       Prasarat pengetahuan
Pengertian gaya, satuan gaya

 2.  Kegiatan inti :
a.       Secara kelompok peserta didik diminta untuk membaca kemudian mendiskusikan “ Hukum II Newton  “.
b.       Secara kelompok siswa diminta untuk menyimpulkan dari kegiatan di atas
c.       Selama percobaan berlangsung guru memfasilitasi peserta didik untuk bertanya jika menemui kesulian dan guru menjawabnya.
d.       Guru mengkomfirmasikan tentang : kesimpulan hukum II Newton

    
  3Kegiatan penutup
a.       Membuat rangkuman kegiatan :
1)       Apabila pada benda bekerja sebuah gaya atau beberapa gaya yang resultannya tidak nol, maka benda mengalami percepatan.
2)       Percepatan berbanding lurus dengan resultan gaya yang bekerja pada benda.
Contoh :
Jika gaya diperbesar 2 kali pada massa benda tetap, maka percepatan juga menjadi 2 kali juga. Misal jika kamu mendorong benda dengan gaya P  percepatannya 2 m/s2 , jika kamu mendorong benda dengan gaya 2P  percepatannya 4 m/s2, jika kamu mendorong benda dengan gaya 3P  percepatannya 6 m/s2
dst.
3)       Percepatan berbading terbalik dengan massa benda.
Contoh :
Jika massa diperbesar 2 kali pada gaya tetap, maka percepatannya menjadi ½ kali.
Misal jika kamu mendorong sebuah balok es dengan gaya P akan menghasilkan percepatan 2 m/s2, jika kamu mendorong dua balok es dengan gaya tetap P, maka percepatan menjadi 1 m/s2
Makin besar massa benda yang dikenai gaya tetap, maka percepatan menjadi kecil.
4)       Hukum II Newton :
Percepatan yang dihasilkan oleh resultan gaya yang bekerja pada suatu benda berbanding terbalik lurus dengan resultan gaya, searah dengan resultan gaya, dan berbanding terbalik dengan massa benda.
a = ƩF/m   atau ƩF = m.a dari persamaan ini didapat :
-     1 N = 1 kg m/s2
        5)   Satu Newton sebagai gaya yang menghasilkan percepatan 1 m/s2 ,  ketika gaya ini diberikan pada benda bermassa 1 kg. 
Contoh Hukum II Newton sehari-hari :
·         lima orang mendorong truk dan sedan, ternyata sedan yang mempunyai kecepatan lebih besar atau sedan memiliki percepatan lebih besar daripada truk. Hal ini disebabkan pada gaya yang sama tetapi massa benda lebih besar, maka percepatannya menjadi lebih kecil.
·         Bola yang ditendang oleh remaja 17 tahun lebih kencang daripada ditendang oleh anak berumur 10 tahun ( percepatan yang ditimbulkan remaja 17 tahun lebih besar daripada anak berumur 10 tahun ). Hal ini disebabkan karena resultan gaya yang dikerjakan remaja 17 tahun lebih besar daripada anak berumur 10 tahun.
b.       Memberikan tes untuk mengetahui pemahaman tentang kegiatan pada pertemuan tersebut.
c.       Guru menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya adalah:  “ Hukum III Newton
d.       Guru memberikan PR tentang contoh sehari-hari yang berhubungan dengan hukum II Newton.

Pertemuan ketiga
        1.   Kegiatan Pendahuluan
a.       Motivasi                  :
Mengapa kakimu terasa sakit ketika tersandung batu ?
b.   Pengetahuan prasyarat         :
   Pengertian gaya

 2.  Kegiatan inti :
a.       Siswa diminta untuk melakukan percobaan pada kegiatan 6.7 “ Menyelidiki besar aksi dan besar reaksi
b.       Siswa diminta untuk membaca kemudian mendiskusikannya “ Hukum III Newton  “.
c.       Secara kelompok siswa diminta untuk menyimpulkan dari kegiatan di atas.
d.       Selama percobaan berlangsung guru memfasilitasi peserta didik untuk bertanya jika menemui kesulian dan guru menjawabnya.
e.       Guru mengkomfirmasikan tentang : kesimpulan hukum III Newton

  3Kegiatan penutup
a.       Guru dan peserta didik berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan
1)  Melalui diskusi, disimpulkan :
·          gaya hanya hadir jika sedikitnya ada dua benda yang berinteraksi
·          gaya-gaya itu selalu berpasangan, yaitu gaya pertama disebut gaya aksi dan gaya kedua disebut gaya reaksi.
·          Hukum III Newton :
      Jika benda A mengerjakan gaya pada benda B, maka benda B mengerjakan gaya pada benda A, yang besarnya sama tetapi arahnya berlawanan.
      Hukum ini juga dinyatakan :
      Untuk setiap aksi, ada suatu reaksi yang sama besar tetapi arahnya berlawanan.
                   Aksi = reaksi
2)       Contoh Hukum III Newton sehari-hari :
a.       Ketika kita berjalan kaki, telapak kaki mendorong lantai ke belakang ( gaya aksi ), lantai mendorong kaki ke depan  ( reaksi ) sehingga kita dapat berjalan ke depan. 
b.       Ketika kita berenang, kaki dan tangan mendorong ke belakang ( aksi ) dan air mendorong kamu ke depan ( reaksi ).
c.       Ketika pelari jarak pendek berlari, telapak kaki papan star ke belakang ( aksi ), sebagai reaksi papan star mendorong telapak kaki ke depan.
      dst 
3)       Aksi dan reaksi selalu bekerja pada benda yang berbeda, maka aksi dan reaksi tidak saling meniadakan. Sehingga aksi dan reaksi tidak pernah membentuk keseimbangan. karena syarat keseimbangan jika dua gaya sama besar dan berlawanan arah bekerja pada satu benda.
4)       Kaki tersandung batu terasa sakit karena kaki mengerjakan gaya ( Aksi ) dan sebagai reaksi batu mengerjakan gaya pada kaki.

bMemberikan tes untuk mengetahui pemahaman tentang kegiatan pada    pertemuan tersebut.
cGuru menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya adalah        “Ulangan tentang Hukum I, II dan III Newton “.

G. Sumber belajar
Buku IPA I A semester ganjil
Lingkungan sekitar sekolah atau rumah
Buku referensi
Alat dan bahan :

 H. Penilaian : 
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen
·   Mendemonstrasikan hukum I Newton  secara sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari






































·   Mendemonstrasikan hukum II  Newton  dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari





























·        Mendemonstrasikan hukum III  Newton  dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Tes unjuk kerja


Tertulis






















Tertulis

























Tes unjuk kerja


Tes tulis











Tes tulis


















Tes tulis



Tes tulis














Tes tulis
Uji petik kerja prosedur

Uraian



PG


















PG

























Uji petik kerja prosedur

PG











PG


















Tes uraian



PG















PG






1.        Lakukan percobaan untuk menemukan Hukum I Newton!

2.        Mengapa pememudi kendaraan bermotor harus mengenakan sabuk pengaman ?

3.        Mengapa pada jalan yang mendatar kamu harus terus mengayuh sepedamu agar sepeda terus berjalan ?
a.       adanya gaya gesekan akan menghentikan sepeda jika tidak terus dikayuh
b.       sepeda akan berhenti karena tidak ada gaya yang bekerja pada sepeda itu
c.       benda bergerak jika didiamkan lama kelamaan akan berhenti, sesuai dengan pendapat Aristoles
d.       gaya yang bekerja pada sepeda itu terlalu kecil sehingga sepeda harus terus dikayuh

4.        Perhatikan peristiwa-peristiwa yang dijumpai sehari-hari berikut :
1.       planet-planet terus mengelilingi Matahari tidak pernah berhenti
2.       Setiap hari Matahari seolah-olah terbit dari timur dan tenggelam di barat
3.       Badan terasa terdorong ke depan ketika mobil yang ditumpangi melaju kencang direm tiba-tiba
4.       pemain ice skating berhenti meluncur ketika menabrak pemain lainnya
Contoh berlakunya hukum I Newton, ditunjukkan pada nomor ....
a.       1 dan 2
b.       2 dan 3
c.       3 saja
d.       4 saja



5.        Lakukan percobaan untuk menemukan hukum II Newton!

6.      Sultan mengendarai mobil yang mampu menghasilkan gaya mesin 9.000 N. Apabila massa mobil tersebut 2.000 kg dan gaya gesekan permukaan jalan yang dialami 1.000 N, maka percepatan mobil tersebut adalah ....
a.                 5 m/s2
b.                 4 m/s2
c.                  3 m/s2
d.                 2 m/s2

7.        Sebuah mobil balap memiliki massa 1.500 kg mampu menghasilkan gaya mesin 10.000 N. Apabila gaya gesekan yang dialami 1.000 N, maka menurut hukum II Newton percepatannya 6 m/s2 sehingga hukum II Newton dapatdisimpulkan ....
a.       resultan gaya merupakan hasil kali antara massa dengan gaya gesekan
b.       resultan gaya merupakan hasil bagi antara massa dengan percepatan
c.       percepatan benda berbanding terbalik dengan massa benda
d.       percepatan benda berbanding lurus dengan massa benda

8.     Berikan salah satu contoh penerapan hukum III Newton dalam kehidupan sehari-hari!

9.        Manakah peristiwa sehari berikut yang merupakan contoh berlakunya hukum III Newton ?
a.       badan terasa terdorong ke belakang ketika mobil yang kamu tumpangi digas tiba-tiba
b.       gelas-gelas di atas meja tidak jatuh, ketika pesulap menarik taplak mejanya dengan sangat cepat
c.       pelari-pelari itu tidak bisa langsung berhenti ketika sampai finis
d.       kepala Adi benjol ketika terbentur dinding

10.    Senapan terdorong ke belakang ketika peluru ditembakkan ke depan, merupakan contoh berlakunya ....
a.       hukum-hukum Newton
b.       hukum I Newton
c.       hukum II Newton
d.    hukum IV Newton

Cara penskoran :
1. Instrumen Uji petik kerja prosedur
    Lakukan percobaan untuk menemukan Hukum I Newton!
                   Alat dan bahan :
·         sebuah kertas HVS
·         sebuah baterai
     Rubrik

  No.
      Aspek
  Skor
     1.
Ketepatan meletakkan baterai di atas kertas yang diletakkan di tepi meja dengan benar
     2
     2.
Cara menarik kertas dengan tepat, yaitu dengan menghentakkan kertas dengan cepat
     2
     3.
Baterai tidak jatuh ketika kertas ditarik dengan cepat
     2
     4.
Membuat kesimpulan
     2


Jumlah skor
    
8
      
2.   Instrumen uraian                                                                        
        Mengapa pengemudi kendaraan bermotor harus mengenakan sabuk pengaman ?
      Kunci :
Untuk menghindari terjadinya benturan jika mobil direm mendadak atau mobil mengalami tabrakan, sesuai dengan hukum I Newton yaitu benda yang mula-mula diam akan tetap diam jika tidak ada gaya yang bekerja padanya dan bergerak akan terus bergerak dengan kecepatan tetap.
Skor  = 2

3.       Instrumen PG
Mengapa pada jalan yang mendatar kamu harus terus mengayuh sepedamu agar sepeda terus berjalan ?
a.       adanya gaya gesekan akan menghentikan sepeda jika tidak terus dikayuh
b.       sepeda akan berhenti karena tidak ada gaya yang bekerja pada sepeda itu
c.       benda bergerak jika didiamkan lama kelamaan akan berhenti, sesuai dengan pendapat Aristoles
d.       gaya yang bekerja pada sepeda itu terlalu kecil sehingga sepeda harus terus dikayuh
Kunci : A
Skor  = 1

4.       Instrumen PG
      Perhatikan peristiwa-peristiwa yang dijumpai sehari-hari berikut :
1.       planet-planet terus mengelilingi Matahari tidak pernah berhenti
2.       setiap hari Matahari seolah-olah terbit dari timur dan tenggelam di barat
3.       badan terasa terdorong ke depan ketika mobil yang ditumpangi melaju kencang direm tiba-tiba
4.       pemain ice skating berhenti meluncur ketika menabrak pemain lainnya
Contoh berlakunya hukum I Newton, ditunjukkan pada nomor ....
a.  1 saja
b.  1 dan 2
c.  1, 2, dan 3
d.  1, 2, 3, dan 4
Kunci : D
Skor  = 1

1.       Instrumen Uji petik kerja prosedur
Lakukan percobaan untuk menemukan hukum II Newton!

                       Alat dan bahan :
·         dua buah meja
      Rubrik

  No.
      Aspek
  Skor
1.
Ketepatan meletakkan sebuah meja
2
2.
Cara menorong sebuah meja dengan cepat
2
3.
Ketepatan meletakkan  dua buah meja
2
4.
Cara menorong dua buah meja dengan cepat
2
5.
Membuat kesimpulan
2


Jumlah skor
    
10

6.  Instrumen PG
Sultan mengendarai mobil yang mampu menghasilkan gaya mesin 9.000 N. Apabila massa mobil tersebut 2.000 kg dan gaya gesekan permukaan jalan yang dialami 1.000 N, maka percepatan mobil tersebut adalah ....
a.  5 m/s2
b.  4 m/s2
c.  3 m/s2
d.  2 m/s2
Kunci : B
Skor  = 1

7.  Instrumen PG
Sebuah mobil balap memiliki massa 1.500 kg mampu menghasilkan gaya mesin 10.000 N. Apabila gaya gesekan yang dialami 1.000 N, maka menurut hukum II Newton percepatannya 6 m/s2 sehingga hukum II Newton dapatdisimpulkan ....
a.       resultan gaya merupakan hasil kali antara massa dengan gaya gesekan
b.       resultan gaya merupakan hasil bagi antara massa dengan percepatan
c.       percepatan benda berbanding terbalik dengan massa benda
d.       percepatan benda berbanding lurus dengan massa benda
Kunci : A
Skor  = 1

8.       Instrumen uraian                                                                        
Berikan  salah satu contoh penerapan hukum III Newton dalam kehidupan sehari-hari!
Kunci : Kaki sakit ketika kesandung batu
Skor  = 1


9.   Instrumen PG
Manakah peristiwa sehari berikut yang merupakan contoh berlakunya hukum III Newton ?
a.       badan terasa terdorong ke belakang ketika mobil yang kamu tumpangi digas tiba-tiba
b.       gelas-gelas di atas meja tidak jatuh, ketika pesulap menarik taplak mejanya dengan sangat cepat
c.       pelari-pelari itu tidak bisa langsung berhenti ketika sampai finis
d.       kepala Adi benjol ketika terbentur dinding
Kunci : D
Skor  = 1

10. Instrumen PG
Senapan terdorong ke belakang ketika peluru ditembakkan ke depan, merupakan contoh berlakunya  ....
a.       hukum I Newton
b.       hukum II Newton
c.       hukum III Newton
d.       hukum IV Newton
Kunci : D
Skor  = 1




...............,.........................
         Mengetahui,                                                      Guru mata pelajaran,
          Kepala SMP......

   


         ...........................................                                    ........................................
         NIP.                                                                     NIP.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar