Senin, 21 Mei 2012

JADWAL PELAKSANAAN PLPG 2012 PSG 144 UMM


JADWAL PELAKSANAAN PLPG 2012



JADWAL PELAKSANAAN PLPG 2012
PSG 144 UMM
TAHAP
TANGGAL PELAKSANAAN
  TAHAP 1
    6 – 15 JUNI 2012
  TAHAP 2
  16 – 25 JUNI 2012
Kontak  :  0341-464318
Situs  :  http://psg44.umm.ac.id/
  1. Peserta PLPG diharapkan:
  • Membawa kurikulum, buku, referensi dan contoh RPP yang relevan dengan bidang keahlian masing-masing
  • membawa Laptop untuk dipergunakan dalam workshop pengembangan perangkat pembelajaran
  • Surat tugas dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
  • Fotokopi identitas diri yang masih berlaku(KTP atau SIM)
  • Perlengkapan pribadi: pakaian untuk 10 hari termasuk pakaian hangat, pakaian olahraga, obat-obatan persediaan pribadi, dll
2.   Peserta yang tidak dapat hadir memenuhi panggilan PLPG ini, diharap menyampaikan surat izin yang diketahui oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat untuk diserahkan kepada PSG Rayon 144 Universitas Muhammadiyah Malang, Selambat-lambatnya 3 hari sebelum pelaksanaan PLPG.


Senin, 14 Mei 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELARAN ( R.P.P ) PA ( Ilmu pengetahuan Alam ) IX( sembilan )/ semester 1 ) KD: Mendiskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi manusia


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELARAN
(   R.P.P )


                        Sekolah                                    :  SMP ...
                        Mata Pelajaran              : IPA ( Ilmu pengetahuan Alam )
                        Kelas/Smester               : IX( sembilan )/ semester 1 )
                        Alokasi waktu                : 4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )

A.   Standar Kompetensi
      1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia

B.   Kompetensi dasar
      1.2 Mendiskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi manusia.

C.   Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama            : Pserta didid dapat
1.       Menyebutkan organ penyusun sistem reproduksi laki-laki
2.       Membedakan fungsi  dari organ penyusun sistem reproduksi laki -laki
3.       Menyebutkan organ penyusun sistem reproduksi perempuan.
4.       Membedakan fungsi dari organ penyusun sistem reproduksi perempuan .
5.       Membedakan ciri sperma dan sel telur.

Pertemuan kedua   : Peserta didik dapat
  1. Menyebutkan tiga kelainana kelaainan dan penyakit pada sistem   reproduksi laki-laki
  2. Menyebutkan tiga kelainan kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi perempuan.
  3. Menyebutkan  usaha dan cara pencegahan terhadap penyakit pada sistem reproduksi.
  4. 4.Menjelaskan pentingnya menjaga kesehatan sistem reproduksi.

D.   Materi pembelajaran
Pertemuan pertama : Sistem Reproduksi pada manusia
Pertemuan kedua     : Kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi                                                 dan usaha pencegahannya.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELARAN ( RPP) PA ( Ilmu Pengetahuan Alam )VIII ( delapan )/ semester 1) KD Mendiskripsikan sistem Pencernaan dan hububgannya dengan kesehatan.


RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELARAN
( RPP)

                   Sekolah                        : SMP ................
                        Mata Pelajaran             : IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam )
                        Kelas / Semester          : VIII ( delapan )/ semester 1)
                        Alokasi waktu              :  6 jam pelajaran (3x pertemuan )

A.   Standar Kompetensi          :

1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan sehari –hari


B.   Kompetensi Dasar             :
1.4 Mendiskripsikan sistem Pencernaan dan hububgannya dengan kesehatan.

C.   Tujuan Pembelajaran         :                      
Pertemuan pertama                        :
1.   Membedakan  pengertian saluran pencernaan dan kelenjar
      pencernaan.
2.   Membedakan pencernaan mekanik dan kimiawi
3.   Menyebutkan organ organ penyususn saluran pencernaan sesuai
      dengan fungsi –fungsinya.

Pertemuan kedua

1.   Menyebutkan organ –organ penghasil enzym
2.   Membedakan fungsi  bebagai enzym.
3.   Membedakan  zat makanan yang terkandung dalam beberapa makanan dengan menggunakan larutan indikator

Petemuan ketiga.
1.   Menyebutkan fungsi zat makanan bagi tubuh manusia.
2.   Menyebutkan kelainan kelainan dan macam penyakit pada sitem  pencernaan
3.   Menyebutkan usaha usaha pencegahan penyakit pada sistem pencernaan

D.   Materi  Pembelajaran         :

Pertemuan pertama              :  Sistem Pencernaan Manusia

Pertemuan kedua                 :  Kelainan –kelainan dan Penyakit pada sistem pencernaan.

E.   Model / Metode Pembelajaran
Model         : Cooperative Learning ( CL )
                          Direc Instruction  (DI )

Metode       : Eksperimen

                          Diskusi – Informasi

RENCANA PELAKSANAANPEMBELAJARAN IPA KELAS VII( tujuh ) / 2 (dua) KD: Memahami keanekaragaman maklhuk hidup.


RENCANA PELAKSANAANPEMBELAJARAN
( RPP)
Sekolah                                    :  SMP  ................................
Mata Pelajaran:                        :  Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester                        :  VII( tujuh ) / 2 (dua)
Alokasi waktu                          :  6 jam pelajaran ( 3  x pertemuan )

A.   Standar Kompetensi
6.    Memahami keanekaragaman maklhuk hidup.

B.   Kompetensi Dasar     :
6.3.  Mendiskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme.                        
                            
C.   Tujuan pembelajaran :
Pertemuan pertana   :

Peserta didik dapat

1.         Membandingkan  bagian-bagian sel hewan dan sel tumbuhan
2.         Menyebutkan fungsi fungsi bagian sel.
3.         Mendiskripsikan  keragaman, sel
4.         Menyebutkan contoh contoh sel pada hewan dan tumbuhan

Pertemua kedua  :

Peserta didik dapat

1.   Menjelaskan pengertian jaringan
2.   Membedakan beberapa jaringan  berdsarkan fungsinya.
3    menyebutkan contoh contoh bentuk jaringan pada tumbuhan mau pun hewan berdasarkan sel penyusunnya

Pertemuan ketiga   :

Peserta didik dapat

1.   Membedakan berbagai sistem organ pada tumbuhan dan hewan   
2.   Menyebutkan contoh berbagai sistem organ pada tumbuhan dan hewan .
3    Menjelaskan hubungan  sistem organ satu dan sistem oran lain pada satu  organisme.                         
   
D.   Materi Pembelajaran : 
pertemuan pertam  : Bagian –bagian sel
pertemuan kedua  : Jaringan
pertemuan ke tiga  : Organ dan Sistem organ                                                   

E.   Model /Metode pembelajaran :
Model         :  -    Direc Instruction ( DI)
                           -    Kooperatif Learning ( CL )
Metode       :  -    Eksperimen
-          Diskusi kelompok
-          Tanya jawab

RPP IPA Kelas IX (Sembilan)/ 1 (Satu) : KD Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                              : SMP ......................................
Mata Pelajaran                   : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester                : IX (Sembilan)/ 1 (Satu)
Alokasi Waktu                    : 4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )


A.  Standar Kompetensi :                                                                         
3. Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
           
B. Kompetensi Dasar :
3.4  Mendiskripsikan hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari

C. Tujuan Pembelajaran :

Pertemuan pertama
      Peserta didik dapat  :
1.       menjelaskan pengertian energi listrik.
2.       merumuskan energi listrik berhubungan dengan tegangan ( beda potensial ) dengan jumlah muatan.
3.       menjelaskan pengertian daya listrik.
4.       merumuskan daya listrik sehubungan dengan energi dan selang waktu
5.       menjelaskan pengertian data yang tertera pada alat listrik.
6.       menjelaskan konsep hambatan.listrik
7.       menghitung rekening listrik di rumah
8.       menghitung energi listrik pada alat listrik.
9.       mengukur penggunaan energi listrik oleh alat listrik.

Pertemuan kedua
      Peserta didik dapat  :
1.       menjelaskan pengertian konversi energi .
2.       memberi contoh sehari-hari alat-alat yng memanfaatkan energi listrik.
3.       menghitung konversi energi listrik ke energi kalor

D.     Materi Pembelajaran  :
Energi dan daya listrik.

E. Model/Metode Pembelajaran
     Model pembelajaran :
·         Kooperatif Learning (CL)
·         Direc Instruction (DI)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Kelas VIII ( Delapan )/ 2 (Dua)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                              : SMP ......................................
Mata Pelajaran                   : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester                : VIII ( Delapan )/ 2 (Dua)
Alokasi Waktu                    : 6 jam pelajaran ( 3 x pertemuan )


A.  Standar Kompetensi :                                                                         
5. Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari

B. Kompetensi Dasar :
5.2. Menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa  dalam kehidupan sehari-hari

C. Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan pertama
Peserta didik dapat :
1.       menjelaskan bilamana benda dikatakan diam
2.       menjelaskan apa yang terjadi jika ada gaya yang bekerja pada benda diam
3.       menjelaskan apa yang terjadi jika tidak ada gaya yang bekerja pada benda diam yang bergerak
4.       menjelaskan pengertian gaya sama dengan nol
5.       menyebutkan akibat yang teradi jika resultan gaya sama dengan nol
6.       menjelaskan tentang Hukum kelembamam atau inersia
7.       melakukan percobaan untuk menyelidiki kelembaman benda
             
Pertemuan kedua
Peserta didik dapat :
1.       menjelaskan hubungan antara percepatan dan resultan gaya
2.       menjelaskan hubungan antara percepatan dan massa benda
3.       menyebutkan contoh sehari-hari yang dijelaskan dengan Hukum II Newton

Pertemuan ketiga
Peserta didik dapat :
1.       menjelaskan apa yang dimaksud dengan gaya aksi dan gaya reaksi
2.       menjelaskan tentang Hukum III Newton
3.       menjelaskan contoh sehari-hari berdasarkan dengan Hukum III Newton
4.       menggambarkan gaya-gaya yang berpasangan pada suatu benda yang bersentuhan sesuai dengan Hukum III Nweton.
5.       melakukan percobaan untuk menyelidiki gaya aksi dan reaksi (Hukum III     Newton)

D. Materi Pembelajaran:
Hukum-hukum Newton 

E. Model/Metode Pembelajaran
Model pembelajaran :

·         Kooperatif Learning (CL)
·         Direc Instruction (DI)
Metode  :
·         Pengamatan
·         Diskusi Informasi


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA KELAS VII (tujuh)/ 1 (satu) : KD 2 Memahami klasifikasi zat


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                              : SMP ......................................
Mata Pelajaran                   : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester                : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Alokasi Waktu                    : 4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )

A.  Standar Kompetensi :                                                                         
2. Memahami klasifikasi zat

B. Kompetensi Dasar :
     2.1. Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa dan larutan garam  melalui alat dan indikator yang tepat

C. Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan pertama
Peserta didik dapat :
1.       membedakan pengertian asam, basa dan garam secara kimia
2.       menentukan ciri-ciri zat yang bersifat asam, basa dan garam
3.       mengelompokkan zat-zat yang bersifat asam, basa dan garam

Pertemuan kedua
1.       menggunakan alat penentu/ petunjuk untuk menentukan jenis zat yang termasuk asam dan basa
2.       menyimpulkan hasil percobaan dan mempresentasikan

D. Materi Pembelajaran:
  Asam, Basa dan garam

E. Model/Metode Pembelajaran
Model pembelajaran :
·         Kooperatif Learning (CL)
·         Direct Instruction (DI)
Metode  :
·         Pengamatan
·         Diskusi Informasi

F.  Langkah – langkah kegiatan  :
     Pertemuan pertama
1.  Kegiatan Pendahuluan
a.       Motivasi
      “Pernahkan kamu makan jeruk yang rasanya asam? Atau pernahkah kamu merasakan licinnya sabun?”
      Jika kamu menjawab “pernah“ berarti kamu pernah berhubungan dengan asam dan basa. Bagaimana cara membedakan antara sifat asam dan basa ?
b.       Pengetahuan prasyarat  : 
      Pernah merasakan jeruk asam (jeruk nipis), sabun, garam dapur 
c.       Prasyarat eksperimen

·         Hati-hati cara mencampurkan dua larutan yang berbeda
·         Hati-hati cara menuangkan larutan asam sulfat
    

RPP IPA Kelas VII ( tujuh)/Semester 1 ) KD 1: Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                        :  SMP..........................
Mata Pelajaran             :  IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester          :  VII ( tujuh)/Semester 1 )

Alokasi waktu              :  4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )

A.  Standar Kompetensi           :
1.  Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan.

B.   Kompetensi Dasar :
1.2. Mendiskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya

C.  Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama :
      Peserta didik dapat :
1.       menjelaskan pengertian suhu
2.       menggunakan termometer untuk mengukur suhu  benda

      Pertemuan Kedua :
1.       melakukan percobaan untuk membuat termometer sederhana
2.       membaca skala pada termometer Celcius
3.       membadingkan skala pada termometer Celcius dan termometer Fahrenheit
    
D.  Materi Pembelajaran:
      Suhu dan Pengukuran
                                              
E.   Model/Metode Pembelajaran:
a.       Model   :   - Direc Instruction (DI)
                                  - Kooperatif Learning (CL)
b.       Metode :   - Diskusi kelompok
                                     - Eksperimen